Edward Chang - Baru Saja Diangkat Menjadi Pimpinan, Ini Tipsnya Agar Tidak Stress Dalam Bekerja
Edward Chang - Ketika Anda baru saja
diangkat menjadi manajer atau pimpinan dari sebuah divisi, artinya beban Anda
bertambah banyak. Anda tahu
dan sadar tentang hal ini sehingga membuat otak langsung dan begitu saja
dipenuhi dengan segala urusan dan kepadatan pekerjaan yang haru dilakukan. Dan
belum lagi Anda harus berinteraksi dengan anggota divisi atau bawahan, Anda
pasti akan merasa stress.
Namun, Anda
tidak perlu khawatir karena kali ini Edward
Chang memiliki tips ampuh untuk mengatasinya. Ia sendiri sudah melakukannya dan mempraktekannya
dalam karirnya sebagai seorang pimpinan dari perusahaan rental AC nomor 1 di
Indonesia, PT Quality Technic dan PT Quality Power. Lakukan keempat hal ini
agar Anda tidak merasa stres dan dapat menjadi pemimpin yang baik untuk
perusahaan dan juga tim kerja Anda.
1.
Sebagai seorang pemimpin baru, hal pertama yang
harus Anda lakukan adalah memancing karyawan juga rekan kerja lainnya ketika
Anda memperkenalan diri dan berbicara di depan umum. Hal ini mungkin terdengar
sedikit arogan, namun menurut Edward
Chang bukan ini maksudnya, ketika Anda baru saja diangkat menjadi seorang
pemimpin yang baru, Anda harus mengenal seluruh staff. Karena nantinya Anda
memberikan tugas dan mengatur jalannya pekerjaan. Maka dari itu, mereka juga
perlu mengenal Anda sehingga
ketika bekerja sama dan berkomunikasi
nanti tidak akan menjadi canggung dan kaku.
edward chang |
2. Biasanya untuk meningkatkan produktivitas, Anda
akan menggunakan to-do-list. Namun, sebenarnya cara ini tidaklah efisien.
Karena menurut Edward Chang, lebih
baik Anda mengggunakan
kalender biasa untuk menandakan tanggal sekian harus melakukan apa saja. Dan
apa yang harus Anda lakukan selanjutnya sehingga batas waktu untuk
menyelesaikan pekerjaan akan terlihat jelas. Hal ini akan membuat Anda menjadi
lebih mudah dalam memanage waktu.
3. Staff dan rekan kerja bukan bekerja untuk Anda,
tapi mereka bekerja untuk perusahaan
bersama staff dan rekan kerja. Artinya, tidak ada siapa yang harus melayani
siapa. Jadi, sebagaimana pemimpin yang baik, Anda harus memperhatikan apa yang
mereka inginkan, katakan dan keluhkan. Ide mereka mungkin saja akan membawa
perkembangan yang besar dan kritik mereka bisa jadi membantu Anda menjadi
pribadi yang lebih baik.
4. Ketika seseorang merasa lebih bahagia dan fokus
pada pekerjaan, kinerjanya juga akan menjadi lebih baik. Menurut Edward Chang ada 3 hal yang biasa
membuat seseorang merasa bahagia. Pertama, ketika mereka telah mendapatkan
pelajaran baru. Kedua, ketika kehidupan pribadi dan pekerjaannya berjalan
dengan harmonis. Ketiga, mereka akan memberikan satu sumbahan atau memberikan
andil dalam kesuksesan perusahaan atau timnya.
edward chang |
Komentar
Posting Komentar