Edward Chang - Tips Tumbuh Sebagai Seorang Pengusaha


edward chang
edward chang

Edward Chang - "Pergi berarti melangah keluar dari zona nyaman Anda."
Anda mungkin pernah mendengar pepatah, "Jika Anda tidak tumbuh berarti Anda mati."
Hal ini dikarenakan dunia yang selalu berubah dan jika Anda hanya diam berdiri terlalu lama, Anda hanya akan tertinggal. Seperti yang diketahui banyak orang, bahwa perusahaan terus berinovasi atau mereka akan menjadi mangsa perusahaan muda yang gesit.

Namun, menurut Edward Chang, pria kelahiran Jakarta, 39 tahun silam ini, percaya pada pertumbuhan juga sangat penting bagi seorang pengusaha. Karena setiap pengusaha memiliki kesempatan untuk berinovasi, menciptakan lapangan kerja baru dan berdampak pada masyarakat. Inilah yang menjadi tanggung jawab Anda untuk terus tumbuh dan mendorong guna melangkah maju dari zona nyaman. Berikut ini adalah beberapa hal yang Edward Chang lakukan untuk tumbuh sebagai seorang pengusaha.
1.       Cari Beragam Sudut Pandang
Langkah ini sangat berharga untuk mendapatkan nasihat dari seseorang yang sudah pernah melakukan sesuatu sebelumnya, namun menurut Edward Chang, jangan terlalu terpaku pada mentor. Karena yang benar adalah satu perspektif saja tidak cukup, lebih baik cari saran lain dari berbagai orang dengan kehidupan dan pengalaman bisnis yang baik.
Kebanyakan dari Anda mungkin akan memilih untuk memiliki pertemuan yang dijadwalkan secara rutin degan teman-teman Anda atau hanya sekedar pertemuan informal dengan satu atau dua rekan. Edward Chang meminta Anda untuk mematikan guna mengekspos diri Anda untuk berbagai pengalaman hidup dan juga filosofi. Dan jika orang yang Anda ajak bicara selalu setuju dengan apa yang Anda sampaikan, itu artinya Anda bertemu dengan orang yang salah.
edward chang
edward chang

2.       Baca Buku Dan Artikel
Bagi banyak pengusaha baru, mentor pertamanya adalah halaman-halaman buku dan juga blog. Banyak hal yang bisa Anda pelajari dari tulisan orang lain, salah satunya adalah informasi ini yang disampaikan oleh Edward Chang. Beruntungnya, saat ini banyak orang yang mau berbagi pengalaman mereka. Dari salah satu survey, ditemukan sebanyak 88% orang terkaya di dunia membaca buku minimal 30 menit sehari. Sebagai perbandingan, hanya dua persen dari populasi umum yang membaca sebanyak ini setiap harinya.
3.       Lakukan Analisis SWOT
Strength, Weakness, Opportunities dan Threats adalah pemetaan analisis yang biasanya dilakukan oleh siswa dari sekolah bisnis untuk setiap produk baru mereka. Dan dalam hal tumbuh sebagai pengusaha, Edward Chang menerapkan analisis yang sama untuk kekurangan dan kelemahan sebagai seorang pemimpin.
Anda bisa menulis analisis ini pada selembar kertas dan tuliskan juga apa yang menjadi kekuatan, kelemahan, kesempatan dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Namun, pada kenyataanya Anda hanya mampu menuliskan beberapa catatan di bagian belakang kertas Anda. Hasil dari analisis ini menjadi hal penting yang perlu ditingkatkan.
edward chang
edward chang


Edward Chang mengatakan bahwa kebenaran yang sederhana adalah Anda lebih baik dalam hal dan lebih bahagia saat melakukannya. Untuk itu, susun kebutuhan tidur Anda secara teratur. Downtime tidak hanya membantu mengisi ulang baterai, tapi juga membantu mengisi ulang tenaga namun jika waktu Anda tidak terstruktur, maka pikiran Anda akan bebas berkeliaran dan menginspirasi cara berfikir yang baru.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Tepat Mengisi Ulang Bahan Bakar Diesel Generator

Sewa AC Di Balikpapan, PT Quality Technic Jawabannya