Sewa Genset Balikpapan - Bagaimana Cara Merawat Genset Agar Tidak Cepat Rusak? Ini Tipsnya!


sewa genset balikpapan
sewa genset balikpapan
Genset atau generator set merupakan perangkat yang memiliki peran penting saat ini. Karena sudah tidak lagi menjadi rahasia umum jika pasokan aliran listrik di Indonesia masih belum baik. Yang mana ditandai dengan masih terjadinya pemadaman listrik di daerah-daerah maupun kota-kota besar, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Berangkat dari hal tersebut, PT Quality Technic, penyedia jasa sewa genset Balikpapan menerangkan genset hadir untuk memberikan solusi sebagai perangkat pembangkit tenaga listrik yang bisa digunakan untuk aktifitas. Namun, sayangnya kadang kala genset yang digunakan mengalami beberapa masalah sehingga menjadi cepat rusak.
Sebenarnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan genset menjadi cepat rusak. Mulai dari kualitas produk, penyimpanan dan penggunaannya. Dan berikut ini adalah tips dalam menggunakan genset agar tidak cepat rusak. Yakni :
sewa genset balikpapan
sewa genset balikpapan
Pemilihan Genset
Saat Anda akan hendak membeli maupun menyewa genset, penyedia jasa sewa genset Balikpapan menyarankan Anda untuk memilih genset yang sesuai dengan kebutuhan dan jangan sampai over beban. Kelebihan beban akan sangat berbahaya bagi genset, karena bekerja di luar kemampuannya.
Untuk itu, PT Quality Technic menyarankan Anda untuk memilih genset yang sesuai dengan beban yang digunakan. Jika genset 3 phase, maka Anda bisa menggunakannya untuk beban listrik 3 phase dan 1 pase. Sedangkan jika genset 1 phase, maka hanya bisa digunakan untuk beban 1 phase, tidak bisa lebih dari itu.
Tempat Penyimpanan
Tempatkan genset pada ruangan atau lokasi yang baik, dimana ruangan tersebut adalah lokasi yang kering. Jangfan tempatkan genset di ruangan yang lembab, terkena sinar matahari langsunga atau terdapat genangan air.
Karena jika genset terkena sinar matahari secara langsung, hal tersebut akan membuat genset menjadi lebih cepat panas. Selain itu, tempatkan pula genset di tempat yang luas agar tidak sesak. Tujuannya agar sirkulasi udara pembuangan dari henset berjalan dengan baik.
Kebersihan
Bersihkan genset dari debu, kotoran dan oli secara berkala. Selain agar genset terlihat bersih, kebersihan genset juga dapat menjaga kinerja mesin agar tetap bisa bekerja secara optimal.
Pengoperasian Genset
Sebelum Anda mengoperasikan genset, maka pelajari lebih dulu buku panduan manualnya dengan cermat. Kemudian pahami semua tombol dan fungsi genset tersebut. Jangan sampai karena Anda tidak memahaminya, Anda mengoperasikannya secara coba-coba sehingga menimbulkan kerusakan pada genset.
Pengecekan
Lakukan pengeceka genset secara keseluruhan dan juga berkala. Mulai dari bahan bakar, oli sampai masalah kelistrikan. Jangan sampai kehabisan bahan bakar, karena tangki bahan bakar akan mengalami kekeringan. PT Quality Technic, penyedia jasa sewa genset Balikpapan juga mengingatkan Anda untuk mengecek keadaan oli.
sewa genset balikpapan
sewa genset balikpapan
Jika warna oli mulai berubah menjadi keruh dan tekturnya mulai mengental, maka Anda harus segera mengganti oli tersebut. Perhatikan juga kabel-kabel penghubung pada genset, apakah ada yang mengelupas atau terpasang tidak sempurna, jika ada maka segera perbaiki. Pengecekan ini sangat berguna untuk menjaga genset tetap bekerja dengan optimal.
Menyalakan Genset
Dalam sebuah genset terdapat komponen-komponen, seperti mesin dan perangkat elektronik lainnya. Jika sedang tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka sebaiknya panaskan minimal seminggu sekali dengan durasi 3 sampai 5 menit secara berkala. Tujuannya adalah agar mesin tidak kaku dan tetap terolesi oli karena mesin bekerja.
Perawatan
Rawatlah genset secara teratur dan menyeluruh, jika ada part yang perlu diganti, maka segeralah ganti dengan yang baru. Penyedia jasa sewa genset Balikpapan, PT Quality Technic berpesan, usahakan untuk menggantinya dengan sparepart asli dan sesuai dengan brand genset yang Anda gunakan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Tepat Mengisi Ulang Bahan Bakar Diesel Generator

Edward Chang - Tips Tumbuh Sebagai Seorang Pengusaha

Sewa AC Di Balikpapan, PT Quality Technic Jawabannya