Sewa Genset Cikarang - Cara Merawat Genset Agar Tetap Terawat Dan Tahan Lama!

Jika Anda belum mengetahui bagaimana cara penggunaan genset, maka PT Quality Technic, penyedia jasa sewa genset Cikarang berpesan, sebaiknya perbanyaklah informasi terkait kebutuhan tersebut melalui internet maupun melalui petunjuk penggunaan yang disediakan dalam bentuk buku panduan penggunaan.

Namun, jika Anda belum juga memahaminya walaupun sudah membaca petunjuk di buku panduan, Anda bisa bertanya lebih dulu kepada penjual maupun penyedia jasa sewa genset yang Anda pilih. Dan dalam kesempatan kali bersama dengan PT Quality Technic, kita akan menjelaskan sedikit tentang cara awal penggunaan genset. Yakni :
1.       Periksa Bahan Bakar
Tahap awal yang perlu Anda lakukan saat menyalakan mesin genset adalah dengan memeriksa ketersediaan bahan bakar. Bahan bakar genset yang baik digunakan adalah bahan bakar premium.
Dan jika stoknya habis, maka isilah seperlunya saja. Jangan terlalu penuh maupun terlalu kurang.
sewa genset cikarang
sewa genset cikarang
2.       Periksa Pelumas Mesin
Langkah kedua ini dilakukan agar Anda bisa mengetahui bahwa oli atau pelumas pada bagian mesin sudah terisi penuh ataukah belum.
Umumnya, genset menggunakan tipe oli SAE 20 - 40 dengan brand apapun. Sesuaikan saja dengan jenis mesin genset yang Anda gunakan.
3.       Periksa Kondisi Aki
Selain melakukan pemeriksaan kondisi oli dan bahan bakar, sebelum menggunakan genset maka lakukan juga pengecekan pada aki serta beberapa konektor yang berhubungan langsung dengan pembangkit mesin untuk memicu terjadinya pembakaran.
Jika tidak ada masalah pada konektor maupun kabel, maka gantilah aki genset Anda atau charge kembali sampai dayanya penih. Pengecekan ini bisa dilakukan dengan cara menekan tombol start.
Karena jika kondisi aki berada dalam keadaan yang baik, ketika Anda menekan tombol start maka mesin akan otomatis menyala. Namun, jika tidak terjadi reaksi apapun pada saat tombol start ditekan, maka keadaan aki genset kurang baik.
4.       Perika MCB Pembebanan Listrik
MCB merupakan kabel yang menopang beban arus listrik. Sehingga karenanya, penyedia jasa sewa genset Cikarang, PT Quality Technicn berpesan kepada Anda untuk memastikan MCB panel terarah menuju genset dan saklar PLN dalam kondisi OFF.
Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya penyebaran arus listrik yang tidak teratur dan terjadinya kecelakaan kerja. Karena itu, jangan sampai arus yang nantinya akan di alirkan listrik menjadi bermasalah sehingga terjadi arus pendek listrik.
5.       Proses Menyalakan Genset
Setelah melakukan pengecekan pada komponen-komponen yang lain, sekarang waktunya untuk menylalakan mesin. Jika genset Anda adalah genset dengan mesin berbahan bakar besin, maka hapannya adalah :
·         Pastikan untuk melakukan choke genset sebelum dinyalakan, ubah posisi untuk mempercepat genset menyala saat mulai dihidupkan.
·         Posisikan choke berada di dekat karburator. Biasanya ditandai dengan logo segitiga.
·         Pastikan tuas choke berada di puncak logo segitiga.
·         Posisikan saklar mesin atau engine switch pada posisi on.
·         Posisikan tuas pengatur udara atau choke pada posisi on.
Sedangkan untuk genset dengan mesin diesel, berikut ini adalah tahapan atau proses penyalaan mesin genset yang harus Anda lakuka setelah semua komponen sudah diperiksa. Yakni :
·         Posisikan kunci kontak pada posisi ON kemudian biarkanlah sejenak.
·         Periksa voltase pada display 12V atau 24V, tergantung dari jenis akli yang dibutuhkan.
sewa genset cikarang
sewa genset cikarang
6.       Pemanasan
Biarkan mesin melakukan pemanasan dengan sendirinya selama 5 sampai 10 menit. Yang mana menurut penyedia jasa sewa genset Cikarang, PT Quality Technic hal ini bertujuan untuk menjaga agar putaran sistem kerja mesin lebih stabil.
Karena semua komponen dan pelumas sudah bekerja dengan sempurna. Setelah itu, Anda juga bisa menambahkan beban dengan menghidupkan panel yang ada secara berurutan, satu per satu.
7.       Tarik Koil Perlahan
Untuk menghindupkan genset diperlukan tarikan yang kencang. Namun, sebelum Anda melakukan penarikan kecang, Anda bisa melakukan tarikan lemah. Setelah terdapat beban dalam tarikan maka Anda bisa menariknya dengan kecang agar mesin menyala dengan baik.
8.       Matikan Choke
Setelah genset menyala, maka biarkan selama beberapa saat, kurang lebih 5 menit. Setelah itu, Anda bisa memberkan beban pada genset.
Namun yang perlu diperhatikan adalah jangan beri beban berat untuk pertama kali, berikanlah beban secara bertahap. Hal ini lazim dilakukan pada semua genset, baik manualstater maupun elektrik stater.
9.       Mematikan Genset
Adalah langkah akhir setelah genset selesai digunakan. Namun, hal ini juga bisa dilakukan jika terjadi suatu hal yang hal dan Anda harus mematikan mesin demi keamanan. Perhatikan tahapannya berikut ini :
·         Matikan saklar MC atau breaker pembebanan pada posisi off.
·         Biarkan selama kurang lebih 5 menit agar putaran mesin genset menghabiskan gas buang.
·         Pastikan kontak mesin pada posisi OFF untuk tipe bahan bakar solar ataupun bensin, stater manual maupun elektrik.
PT Quality Technic, penyedia jasa sewa genset Cikarang mengatakan bahwa penggunaan genset saat ini sangat dibutuhkan oleh sektor idustrial, sektor militer maupun sektor rumah tangga. Hal ini dikarenakan genset merupakan pembangkit listrik terbaik karena kualitas dan daya tahannya yang kuat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Tepat Mengisi Ulang Bahan Bakar Diesel Generator

Edward Chang - Tips Tumbuh Sebagai Seorang Pengusaha

Sewa AC Di Balikpapan, PT Quality Technic Jawabannya