Edward Chang - Ini Rahasia Sukses Para Pengusaha Tionghoa

Edward Chang


Berbicara tentang pengusaha Tionghoa seperti salah satunya pendiri PT Quality Technic, Edward Chang tidak henti-hentinya menjadi pembicaraan. Pria yang kerap akrab disapa sebagai Thio Edward ini memiliki cara sendiri sebagai pengusaha untuk mengurusi perusahaannya.

Tidak heran jika seseorang seperti Edward Chang ini menjadi salah satu nominasi JCI (Junior Chamber Internasional) di Indonesia. Terbayang kan jika seseorang seperti pak Edward Chang ini dalam mengelola perusahaan rental AC no 1 di Indonesia ini.
Ya sosok seperti Edward Chang yang memiliki keturunan Tionghoa pastinya sudah dikenal banyak orang karena kesuksesan mereka dalam berbisnis. Banyak orang beranggapan jika orang Tionghoa dianggap bertangan dingin dalam usahanya.
Tapi, meskipun begitu mereka dapat menunjukan jika usahanya selalu sukses dan laris di pasaran. Lalu, apa yang menjadi rahasia para pengusaha sukses orang Tionghoa tersebut? Berikut ini paparannya :
1. Praktek Sejak Dini
Banyak kalangan para pebisnis Tionghoa yang melibatkan keluarga sejak mereka kecilk, hal ini adalah hal yang biasa mereka lakukan. Misalkan bila seorang ayah membuka rumah makan, maka anak-anaknya ditugaskan untuk menjadi pelayan. Sedangkan istri menjadi bagian keuangan.
Hal di atas dapat membuat anak-anak mereka menjadi lebih mandiri dan sudah menguasai seluk beluk bisnis di luar kepala dan menjalankannya tanpa canggung.
2. Administrasi dan Pembukuan Yang Baik
Sangat jarang toko yang dijalankan para pengusaha Tionghoa kehabisan stok barang, karena mereka memiliki sistem administrasi barang yang baik. Sedangkan pembukuan yang baik membuat arus kas berjalan lancar.
3. 20 Persen Biaya Hidup
Sebelum bisnis dikatakn sukses, orang Tionghoa terbiasa untuk hidup sederhana, yaitu dengan cara menggunakan hanya 20 persen dari penghasilan. Misalkan jika memiliki pendapatan 10 juta maka yang digunakan untuk biaya hidupnya cukup 2 juta saja dan sisanya ditabung atau diinvestasikan.
4. Take a Risk!
Memiliki keyakinan bahwa selalu ada kesempatan pada setiap rintangan, membuat para pengusaha lebih berani mengambil risiko. Tidak ada kata gagal dalam kamus para pengusaha jika ingin sukses.
5. Memelihara Relasi
Para pengusaha Tionghoa khususnya Edward Chang terkenal untuk menjaga hubungan dengan pelanggannya. Hal sederhana yang bisa dilakukan seperti memberikan hadiah pada pelanggan adalah cara agar tetap mendapatkan nilai plus di mata para konsumen.
Meskipun hadiah yang diberikan tidak bernilai mahal, tapi akan meninggalkan kesan baik bagi pelanggan, sehingga mereka pun mau kembali ke toko tersebut.
Edward Chang
6. Survei Dan Belajar
Mau jadi sukses maka ikuti cara para pengusaha yang akan memulai usahanya dengan terus bertanya dan belajar kepada siapapun untuk mendapatkan informasi sebanyak mungkin mengenai usaha yang akan dimulainya. Mempelajari dengan sungguh-sungguh tentang usaha yang kan digeluti membuat usaha lebih cepat naik karena sudah tahu lebih dalam tentang berbisnis.
7. Pelayanan Terbaik
Ada pepatah Tionghoa mengatakan "Jika tak pandai tersenyum, jangan membuat toko". Ya, maksdunya Anda harus memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Jika tanpa pelayanan yang memuaskan, dijamin pelanggan akan pindah ke toko sebelah.
Nah itu dia merupakan rahasia sukses para pengusaha Tionghoa yang bisa Anda terapkan dalam berbisnis. Contoh juga Edward Chang yang nekat ambil risiko memulai usahanya meskipun bermodalkan perangkat yang tidak terlalu banyak. Semoga bermanfaat
Edward Chang



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Tepat Mengisi Ulang Bahan Bakar Diesel Generator

Edward Chang - Tips Tumbuh Sebagai Seorang Pengusaha

Sewa AC Di Balikpapan, PT Quality Technic Jawabannya