Inilah Alasan Mengapa Maintenance AC Sangat Perlu Untuk Dilakukan

maintenance ac
maintenance ac

Pada saat indoor unit pada AC Anda kotor, maka sirkulasi udara untuk penyerapan panas pada ruangan akan terhambat dan waktu yang dibutuhkan untuk mendinginkan ruangan akan memakan waktu yang lebih lama, sehingga bisa mempengaruhi pemakaian listrik. Inilah salah satu alasan mengapa maintenanceAC secara berkala sangat penting dan perlu untuk dilakukan. Maintenance AC secara berkala akan mengurangi resiko terjadinya masalah pada unit AC. Dan jika Anda tidak melakukan maintenance secara berkala, maka jangan heran ketika AC di rumah Anda tidak dapat bekerja dengan optimal.
Selain itu, hal lain yang bisa terjadi adalah tetesan air pada unit indoor karena penampungan air di dalamnya terdapat kumpulan debu dan kotoran yang menggumpal menjadi lendir berwarna kehitaman sehingga bisa menyumbat saluran pembuangan air. Unit Indoor AC yang kotor juga rawan terhadap terjadinya kebocoran pada bagian evaporator yang terdapat pada bagian dalam unit AC yang berbentuk kisi-kisi yang terjadi karena koros pada sambungan pipa. Sehingga sekali lagi ditekankan, maintenance AC secara berkala sangat perlu dilakukan guna mencegah kebocoran ini dan membersihkan kotoran pada AC.

maintenance ac
maintenance ac

Penyumbatan ini juga bisa berbentuk balok es, sehingga sirkulasi udara pada evaporator menjadI kurang lancar sehingga penyerapan panas menjadi lebih lambat. Selain itu, pada saat indoor unit AC Anda kotor bisa mengakibatkan pembuangan panas pada kondensor terhambat dan menyebabkan tekanan freon menjadi semakin tinggi sehingga mengakibatkan pemakaian daya listrik yang bertambah besar dan terjadilah pemborosan pemakaian listrik. Hal ini juga menyebabkan kompresor AC menjadi macet dan bocor pada pipa kondensor.
maintenance ac
maintenance ac

Inilah penyebab terjadinya masalah pada unit AC rumah Anda jika tidak dilakukan maintenance AC secara berkala. Kotoran dan debu yang menyumbat pipa pembuangan, evaporator dan kondensor bisa berakibat fatal pada AC yang digunakan di rumah Anda. Untuk itu, agar AC selalu bersih dan dingin, lakukan maintenance AC secara berkala minimal 3 bulan sekali. Yang mana perawatan ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah ataupun memanggil teknisi maintenance AC. Semoga informasi ini bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Tepat Mengisi Ulang Bahan Bakar Diesel Generator

Edward Chang - Tips Tumbuh Sebagai Seorang Pengusaha

Sewa AC Di Balikpapan, PT Quality Technic Jawabannya