Ribetnya Memiliki Genset. Siapkah Anda?

sewa genset
sewa genset

Bagi sebagian orang, memiliki perangkat genset menjadi sebuah keharusan dibandingkan dengan menyewanya dari penyedia layanan jasa sewa genset. Namun, jika Anda memiliki sebuah fasilitas umum, seperti hotel, taman hiburan atau restoran, Anda memang harus memiliki genset. Tapi jika hanya untuk digunakan pada beberapa waktu atau acara saja, membeli 1 unit genset yang mahal hanya akan menghabiskan uang saja.

Tapi, apakah Anda harus memiliki genset untuk memanfaatkannya?
Sebenarnya, agar genset benar-benar bermanfaat dan siap untuk digunakan pada waktu darurat, ternyata ada beberapa hal yang nyatanya sangat perlu Anda perhatikan dan dilaksanakan secara disiplin. Jika Anda gagal dalam menerapkannya, maka jangan marah jika genset Anda rusak ketika akan digunakan atau sama sekali tidak bisa menyala.
Menurut pengamatan Edward Chang, pimpinan dari PT Quality Power yang menyediakan jasa sewa genset, mengoperasikan genset perunit saja sudah memakan waktu. Dan dari pengamatan yang dilakukan pada para pemilik genset dan juga pengalaman pribadi, maka dapat disimpulkan ada 3 hal sederhana yang menjadi pengganggu bagi para pemilik genset. Yakni :
sewa genset
sewa genset

     Menegakkan Disiplin Operasional Harian
Sebenarnya melakukan operasional secara rutin meliputi, checklist rutin setiap kali genset dinyalakan, pengisian air radiator juga pengadaan consumables seperti filter oli, filter udara dan fanbelt. Sebenarnya memang tidak terlihat sulit untuk melakukan operasional harian ini. Sayangnya, banyak dari pemilik genset yang melakukannya hanya sekali atau dua kali saja. Nyatanya, hal ini perlu rutin dilakukan, lagi dan lagi sepanjang umur genset tersebut. Dan musuh utama kerutinan adalah kebosanan.
     Mengurus Tenaga Kerja Untuk Mengoperasikannya
Di era yang serba otomatis saat ini, Anda masih memerlukan tenaga operator untuk melaksanakan semua kegiatan rutin dan juga melaksanakan perawatan yang diperlukan. Karena dalam banyak kasus, Anda perlu mengadakan operator baru untuk menangani satu sampai dua genset saja. Jelas, hal ini merupakan pemborosan.
     Mengurus Perawatan Dan Servis Berkala
Sama halnya seperti operasional harian, Anda juga perlu mencermati jadwal perawatan rutin dan juga servis secara berkala. Kapan Anda harus mengganti oli dan filter, kapan Anda harus melakukan rune-up, kapan Anda harus melaksanakan top overhaul dan turun mesin total?
Gagal dalam mencermati jadwal yang tepat tanpa memperhatikan kondisi dan pemakaian mesin dapat mengakibatkan kegagalan dini pada mesin.
sewa genset
sewa genset

Jika Anda memang memiliki cukup kompetensi terkait dengan mesin genset dan juga penggunaannya yang cukup sering, Anda tidak perlu memusingkan ketiga hal ini. Karena Anda pasti sanggup mengatasinya dengan baik. Namun, jika tidak, beragam masalah akan menyebabkan genset Anda tidak bisa digunakan secara optimal dan rusak sebelum waktunya.

Ketiga hal inilah keribetan yang harus dihadapi oleh pemilik genset yang pada akhirnya membuat banyak pengguna alat cadangan listrik ini lebih memilih jasa sewa genset daripada memiliki genset sendiri. Karena paling tidak, penyedia layanan jasa sewa genset mempertimbangkan skema sewa beli untuk setiap unit genset yang disewakan. Jadi, pilihan mana yang akan Anda pilih? Membeli genset atau sewa genset?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Tepat Mengisi Ulang Bahan Bakar Diesel Generator

Edward Chang - Tips Tumbuh Sebagai Seorang Pengusaha

Sewa AC Di Balikpapan, PT Quality Technic Jawabannya