Tips Perawatan AC Agar Tetap Awet Dan Dingin

perawatan ac
perawatan ac

Sebenarnya, untuk perawatan AC agar tetap dingin dan awet bisa Anda lakukan sendiri, karena kuncinya adalah perawatan berkala. Dalam kesempatan ini, kita akan membahas perawatan AC sendiri untuk unit AC indoor rumah yang bertujuan untuk memberi tahu cara yang benar dan tepat, sehingga pendingin ruangan di rumah Anda dapat bekerja dalam keadaan optimal. Selain itu, tujuan lainnya adalah agar AC rumah Anda tetap awet dan tidak menimbulkan masalah serta keluhan akibat kondisi AC yang tidak baik.

TIPS PERAWATAN AC AGAR TETAP AWET DAN DINGIN
Seperti yang sudah dibahas dalam beberapa kesempatan sebelumnya, kali ini kita akan melihat lebih jauh tentang cara pemakaian dan perawatan AC yang benar sehingga terhindar dari kerusakan. AC rumah sebenarnya sudah dirancang dengan cukup baik untuk penggunaan yang lama walaupun dipakai secara terus menerus seharian penuh. Namun, terdapat beberapa hal yang dapat merusak da mengurangi masa pemakaian AC jika tidak diketahui. Berikut adalah beberapa tips untuk perawatan AC agar tetap awet dan dingin yang bisa Anda lakukan sendiri. Yakni :
perawatan ac
perawatan ac

     Membersihkan Filter Udara Sesering Mungkin
Saringan udara atau filter udara berfungsi untuk menyaring debu agar tidak menyumbat dan menempel pada permukaan evaporator. Namun, karena debu yang menempel pada filter tidak dibersihkan, udara yang dapat melalui filter menjadi berkurang. Akibatnya AC menjadi tidak dingin. Biasanya karena kondisi ini, pemakai cenderung melakukan setting pada suhu thermostat yang sebenarnya sia-sia.
Untuk itu dalam perawatan AC, sangat dianjurkan untuk membersihkan filter udara sesering mungkin. Tidak perlu menunggu sebulan sekali. Anda bisa membersihkannya setiap 2 minggu sekali atau kapanpun ketika Anda sempat walaupun baru 1 minggu dibersihkan.
     Membersihkan Evaporator
Membersihkan evaporator dapat dilakukan dengan menggunakan penyedot debu portabel. Saat membersihkan, usahakan jangan menyeka sirip evaporator. Cukup arahkan vacum cleaner ke arah evaporator secara bolak balik untuk menyedot sebagian debu yang sempat masuk kedalam celah evaporator.
     Membersihkan Kipas
Perawatan AC selanjutnya adalah membersihkan kipas. Kipas juga harus sering dibersihkan dari debu yang menempel. Karena dengan melakukan hal tersebut, sirkulasi udara akan membaik dan kerja AC menjadi lebih ringan dan cepat dalam mendinginkan.
     Tidak Mengatur Suhu Thermostat Terlalu Rendah
Thermostat berfungsi otomatis untuk melindungi dan mencegah ruangan agar tidak terlalu dingin. Selain itu, thermostat sebenarnya juga berfungsi agar AC tidak bekerja secara berlebihan, terutama pada bagian kompresor.
perawatan ac
perawatan ac


Inti dari perawatan AC adalah dilakukan secara berkala yang tujuannya untuk mencegah terjadinya kerusakan pada bagian-bagian penting dalam komponen AC. Dan hal lain yang perlu diperhatikan adalah pengaturan suhu yang terlalu rendah karena hanya akan membuat kerja AC lebih keras dalam jangka waktu yang lama.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Tepat Mengisi Ulang Bahan Bakar Diesel Generator

Edward Chang - Tips Tumbuh Sebagai Seorang Pengusaha

Sewa AC Di Balikpapan, PT Quality Technic Jawabannya