Cara Menggunakan Genset Untuk Pemula

rental genset
rental genset

Sebenarnya tidak ada cara yang baku dalam pengoperasian sebuah genset. Akan tetapi, bagaimana jika Anda dihadapkan pada situasi dan kondisi tertentu dimana Anda harus mengoperasikannya?

Untuk mempelajari cara kerja dan mengetahui fungsi-fungsi genset akan membutuhkan waktu yang lama. Sementara genset harus dinyalakan dengan segera, hal ini pastinya akan membuat Anda panik dan tidak tahu harus memulai darimana dan apa saja yang harus Anda lakukan. PT Quality Power, penyedia jasa rental genset mengatakan agar Anda tidak khawatir jika menghadapi situasi sepertu ini, sekalipun Anda masih awam dalam mengoperasikannya.
Untuk itu, Anda harus mampu mengoperasikan semua jenis genset. Dan penyedia jasa rental genset, PT Quality Power akan memberikan 5 cara sederhana yang bisa Anda gunakan untuk mengoperasikan genset bagi pemula. Yakni :
rental genset
rental genset

·         Pastikan Bahan Bakar
Penyedia jasa rental genset, PT Quality Power mengatakan bahwa tahap awal dalam mengoperasikan sebuah genset adalah dengan memeriksa ketersediaan bahan bakar. Kecuali genset dengan jenis batterai yang tidak memerlukan bahan bakar.
Untuk itu, jenis genset portable biasanya menggunakan bahan bakar premium. Apabila bahan bakar habis, maka Anda bisa mengisinya, namun jangan terlalu penuh ataupun terlampau sedikit. Secukupnya saja.
·         Pastikan Oli Mesin
Tahap berikutnya adalah memastikan oli mesin genset portable yang akan Anda gunakan sudah terisi sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan. Takaran oli tidak boleh terlalu melebihi kapasitas, karena akan menyebabkan genset berjalan tidak normal, seperti tersedat-sendat bahkan tidak menyala. Untuk tipe oli mesin ini, Anda dapat menggunakan sesuai dengan bawaan mesin atau Anda ingin menggantinya pun tidak masalah, yang penting sesuai dengan tipe oli bawaannya.
·         Pastikan Kondisi Accu
Tahap ketiga, pastikan kondisi accu dapat berfungsi dengan baik untuk mengetahuinya pada saat Anda menghidupkan genset dengan stater. Jika mesin langsung hidup, berarti accu berfungsi dengan baik dan bila distater berkali-kali tidak menyala, berarti terdapat masalah. PT Quality Power, penyedia jasa rental genset mengatakan bahwa jika terdapat masalah pada accu, Anda perlu pergi ke tempat penyetruman accu untuk mengisi listrik, karena jika terjadi masalah mungkin saja accu soak.
rental genset
rental genset

·         Pastikan Ohm Saklar Sudah Dipindahkan
Sebelum mengihidupkan genset, pastikan Ohm saklar untuk arus PLN yang sudah off dan untuk arus generatornya sudah berada pada posisi On. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya kecelakaan kerja.
Setelah Anda melakukan langkah-langkah diatas dan sudah memastikan komponen serta genset sudah dalam keadaan yang baik. Selanjutnya, Anda sudah bisa menyalahkan genset dengan beberapa tahap di bawah ini :
·         Pastikan choke genset sudah berada pada posisi on, tujuannya adalah untuk mempercepat genset menyala pada saat dihidupkan. Biasanya choke berada di dekat karburator dan memiliki logo segitiga.
·         Pastikan tuas choke berada di puncak logo segitiga.
·         Pastikan saklar mesin atau engine switch pada posisi on.
·         Pastikan tuas pengatur udara terhadap posisi on.

Kunjungi website penyedia jasa rental genset, PT Quality Technic di www.qualitypower.co.id untuk mengetahui produk-produk lain yang juga kami tawarkan. Semoga informasi bermanfaat. Sampai jumpa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Tepat Mengisi Ulang Bahan Bakar Diesel Generator

Edward Chang - Tips Tumbuh Sebagai Seorang Pengusaha

Sewa AC Di Balikpapan, PT Quality Technic Jawabannya