Edward Chang - Alasan Kenapa Branding Sangat Penting Dilakukan Dalam Bisnis
edward chang |
Edward Chang - Tidak bisa disangkal
memang jika dalam bisnis yang besar dan sukses ternyata dimulai dan didasari
pada brand yang unik serta menarik. Dalam berbagai kasus pun, branding yang
sukses adalah mampu menciptakan kesadaran bahwa banyak orang dapat dengan mudah
mengasosiasikan sebuah produk ataupun layanan yang disediakan oleh suatu
perusahaan melalui brandnya.
Seperti Quality
Technic yang merupakan brand dari layanan jasa sewa AC dan genset milik Edward Chang. Ia juga mengatakan bahwa
memiliki brand yang unik dan mudah dikenali merupakan kunci keberhasilan setiap
usaha maupun bisnis karena brand tidak semata sebagai sebuah simbol branding
perusahaan, tapi juga merupakan wajah yang ditampilkan perusahaan pada dunia.
Maka dengan demikian, dapat dikatakan bahwa bisnis tanpa brand adalah bisnis
tanpa wajah.
Sebenarnya, ada
banyak alasan kenapa bisnis kecil maupun besar harus memiliki brandnya sendiri.
Namun kali ini, Edward Chang akan
menyampaikan 4 hal utama dan menjadi prioritas kenapa branding diperlukan untuk
keberhasilan dan kelangsungan hidup bisnis di bidang apapun.
edward chang |
- Brand
Dapat Menyampaikan Pesan Dengan Jelas
Karena
tidak terlalu banyak pebisnis yang menyadari betapa penting branding yang baik
merupakan sebuah metode komunikasi yang baik. Dengan desain sebuah brand yang
tepat, maka brand tersebut dapat menyampaikan pesan kepada pelanggan bahkan
tanpa bantuan iklan yang mahal. Edward
Chang mengatakan pentingnya melakukan penelitian yang luas terkait dengan
kebutuhan pelanggan untuk menciptakan brand yang tidak hanya sesuai dengan
kebutuhan mereka, tapi juga dapat menyampaikan pesan kepada pelanggan.
- Brand Bisa
Menciptakan Kredibilitas Bisnis
Sebagai
seseorang yang juga merupakan pemilik bisnis, Edward Chang mengatakan bahwa kredibilitas adalah poin yang tidak bisa
dikembangkan dalam semalam saja. Kredibilitas adalah bentuk inovasi yang
berkelanjutan, kampanye pemasaran agresif dan memberikan keunggulan yang
dijanjikan dalam layanan atau produk. Maka, agar kredibilitas perusahaan tumbuh
pada tingkat yang lebih tinggi, klien bisa dengan mudah mengasosiasikan brand
dengan perusahaan ketika mereka masuk dalam benak masyarakat, kredibilitas
perusahaan akan mulai dibentuk.
- Branding
Menciptakan Koneksi Antara Produk Dan Konsumen
Dalam
hampir semua kasus, masyarakat bisa dengan mudah menemukan koneksi dengan brand
kesukaannya. Hal ini disebabkan karena dalam semua bidang, baik itu produk
maupun jasa, brand adalah saksi bisu keberhasilan maupun kegagalan dalam hidup
sebuah perusahaan. Menurut Edward Chang,
coba Anda perhatikan, ternyata sebuah brand bisa menjadi pengembang ikatan yang
kuat antara perusahaan dengan konsumennya. Sehingga perusahaan itu sendiri
berubah menjadi alat marketing yang kuat bagi perusahaan yang mengikatnya
secara emosional untuk pasar-pasar baru.
edward chang |
- Brand Bisa
Memotivasi Konsumen
Seperti
yang dibahas sebelumnya, branding bisa membantu mengembangkan hubungan antara
perusahaan dan konsumennya. Edward Chang
menyebutkan jika hubungan tersebut sangat kuat, maka brand bisa menjadi
motivator yang baik bagi konsumen Anda agar terus berhubungan dan membeli
produk atau jasa yang Anda tawarkan. Inilah yang menjadi salah satu hasil yang
luar biasa dan dapat dicapai serta dibentuk oleh suatu branding atau brand. Hal
ini menjadi sesuatu yang krusial dan orientasi pokok yang dirancang oleh
perusahaan sejak awal.
Komentar
Posting Komentar