Edward Chang - Karakteristik Dalam Diri Pemimpin Yang Hebat

edward chang
edward chang

Edwrad Chang - Dalam perjalanan hidup, seseorang akan berhadapan dengan sejumlah sosok pemimpin yang hebat. Entah dalam dunia politik, koorporasi maupun sosial. Pemimpin yang hebat cenderung menarik diri dari orang-orang disekitarnya dan menginspirasi mereka yang mengikuti keputusannya, apakah itu besar maupun kecil. Edward Chang bertanya kepada Anda;

     Apa yang sebenarnya membedakan pemimpin yang baik dengan hebat?
     Karakteristik apa yang menentukan pemimpin seperti itu?
Dalam kesempatan kali ini, bersama dengan Edward Chang, pimpinan dari PT Quality Technic, perusahaan rental AC nomor 1 di Indonesia, ia akan menjelaskan dan membahas tentang karakteristik yang umumnya dimiliki oleh para pemimpin hebat sebagai titik awal bagi Anda mengawali dan meningkatkan kemampuan dalam peran sebagai pemimpin.

  1. Memiliki Keingintahuan Yang Aktif
Para pemimpin yang bisa membangun hubungan baik dengan orang lain secara alami memiliki rasa ingin tahu terhadap mereka yang ada di sekelilingnya. Keingintahuan yang alami inilah yang memungkinkan mereka berinteraksi dan mendengarkan perkataan orang lain dengan baik-baik serta memahami sudut pandangnya. Edward Chang mengatakan bahwa mengembangkan rasa empati atau memahami satu sama lain adalah kunci untuk mengetahui alasan pemikiran orang lain, apa yang penting bagi mereka dan cara mereka memahami suatu situasi.
Hal inilah yang menurut Edward Chang memungkinkan para pemimpin hebat memandu dengan rasa empati serta kepedulian, bukan terhadap ide-ide baru yang dapat membangun hubungan jangka panjang dengan orang-orang yang bekerja bersama dengan mereka.
    edward chang
    edward chang
  1. Kesadaran Diri
Para pemimpin yang hebat memahami dengan baik kondisi emosianal dalam dirinya. Menurut Edward Chang, mereka mengetahui dengan baik tentang kekurangan dan kelebihannya. Memiliki tolak ukur yang akurat memungkinkan para pemimpin mengenali kemampuan dan keterbatasannya, sehingga mereka dapat memanfaatkan saran atau pertimbangan bawahannya di waktu yang tepat untuk menunjukan fleksibilitas dan kerendahan hatinya.
Para pemimpin yang baik akan mengetahui saat mereka berada dalam konsentrasi penuh dan saat kelelahan sehingga mereka mampu mencapai tujuan yang sesuai dengan kemampuan dan potensi maksimalnya.
  1. Komunikasi Yang Jelas
Para pemimpin yang hebat memiliki kemampuan untuk menyuarakan ide dan arahannya tanpa keraguan. Mereka juga mengetahui apa yang ingin dicapainya. Hal ini sering terbersit dengan jelas dalam pikiran Anda, namun dirasa sulit untuk menyampaikannya. Terlebih jika Anda menyampaikannya dengan ekspresi kosong, maka kemungkinan besar ada masalah dalam berkomunikasi.
Masalah dalam komunikasi inilah yang harus diatasi dengan baik dan tepat, karena menurut Edward Chang para pengikut cenderung mudah kehilangan kepercayaan kepada pemimpin yang tidak mampu mengekspresikan diri dengan jelas. Dari sudut pandang para pemimpin lainnya pun, jika Anda tidak mampu menyampaikan visi kepada anggota tim, maka produk yang dihasilkan kemungkinan besar tidak akan memuaskan. 
  1. Mampu Memotivasi
Pemimpin yang hebat tidak memimpin dengan cara memerintah orang lain, melainkan dengan menginspirasi dan memotivasi pengikutnya untuk bertindak serta ingin membantu dan bekerja sama dengannya. Edward Chang menyebut hal ini sebagai kunci untuk mencapai hal lainnya. Caranya adalah dengan memupuk keinginan untuk membantu orang lain dengan niat yang tulus. Dan disaat orang lain merasakan bahwa Anda berniat tulis untuk membantu mereka, mereka pun akan termotivasi untuk bertindak dan membantu Anda saat dibutuhkan.
edward chang
edward chang

  1. Menguasai Cara Mendekati
Tidak semua orang bekerja dengan cara yang sama. Hal inilah yang mungkin terdengar seperti konsep dasar namun seringkali diabaikan oleh mereka yang posisinya adalah seorang pemimpin. Tapi tidak dengan Edward Chang, ia menganggap bahwa hal dasar ini adalah sudut pandang budaya, latar belakang pendidikan, keterbatasan bahasa, sifat pribadi dan beragam latar belakang lainnya. Inilah hal yang akan mempengaruhi cara suatu informasi diproses dan diartikan.
Untuk mencapai efektivitas yang optimal sebagai seorang pemimpin, maka Anda harus memiliki kemampuan untuk menyesuaikan pendekatan secara individual yang mana cara pendekatan ini dirancang khusus untuk menghadapi situasi tertentu. Menurut Edward Chang pun, kapasitas untuk menjalankan konsep pendekatan ini berperan penting dalam kemampuan setiap pemimpin untuk mendapatkan hasil terbaik dari tim dan rekan kerja di sepanjang perjalanannya.

Sama halnya seperti pendekatan khusus yang baru saja dijelaskan pada bagian akhir, tidak ada panduan umum untuk mencapai kesuksesan sebagai pemimpin. Namun menurut Edward Chang, kombinasi dalam bebrapa hal diatas dan kemampuan bekerja sama dengan tim akan sangat mempengaruhi reputasi semua orang yang menyatakan dirinya sebagai pemimpin hebat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Tepat Mengisi Ulang Bahan Bakar Diesel Generator

Edward Chang - Tips Tumbuh Sebagai Seorang Pengusaha

Sewa AC Di Balikpapan, PT Quality Technic Jawabannya