Tips Dan Trik Sederhana Untuk Merawat AC

rental ac
rental ac

Air Conditioner atau AC dikenal pendingin udara, saat ini menjadi peralatan rumah tangga yang umum untuk digunakan. Kualitas udara akan semakin menurun dengan meningkatnya temperatur permukaan dan memaksa Anda untuk menggunakan AC, terutama di ruang keluarga dan ruang tidur agar dapat beristirahat dengan lebih nyaman. Untuk itu, guna AC tetap terjaga dan tetap mampu mendinginkan ruangan dengan optimal, peyedia jasa rental AC, PT Quality Power berpesan agar Anda harus selalu melakukan perawatan AC secara teratur.

AC yang kotor bisa menjadi sumber penyakit yang diakibatkan oleh virus dan bakteri yang menyebar ke seluruh ruangan melalui sirkulasi udara yang kotor. Selain itu, melalui aliran udara, kuman juga bisa masuk ke organ pernafasan seseorang. Hal ini mengakibatkan seseorang bisa jatuh sakit. Untuk itu, bersama dengan tim dari PT Quality Power, penyedia jasa rental AC, kami akan memberikan beberapa tips dan trik sederhana untuk mengoperasikan dan juga merawat AC, yang bisa Anda lakukan sendiri atau oleh orang awam sekalipun. Apa saja? Mari kita simak penjelasannya.
rental ac
rental ac

Membersihkan filter Udara AC
Langkah pertama yang disampaikan oleh tim dari penyedia jasa rental AC, PT Quality Power adalah membersihkan filter udara pada unit AC indoor yang Anda gunakan. Caranya juga cukup mudah, karena Anda hanya perlu membuka tutup AC kemudian melepaskan filter udara yang terbuat dari bahan plastik. Filter yang kotor akan menghambat proses sirkulasi dan menjadi tempat yang nyaman bagi kuman, bakteri maupun jamur yang menjadi sumber penyakit. Untuk membersihkan fiter udara, Anda bisa mencucinya dengan menggunakan sabun, kemudian keringkat filter tersebut dan pasang kembali pada AC Anda. Untuk itu, sebaiknya bersihkan filter udara minimal 1 bulan sekali.
Debu yang bercampur dengan bakteri dan kuman inilah yang akan mengalir ke bagian evaporator coil atau gulungan penguap, kemudian menyebar ke seluruh ruangan. Selain itu, penyedia jasa rental AC, PT Quality Power mengatakan bahwa komponen AC yang kotor akan mempengaruhi kinerja sistem pendingin yang menjadi lebih berat sehingga tidak menghasilkan udara yang maksimal. AKibatnya adalah AC terasa kurang dingin dan hanya memboroskan energi listrik di rumah Anda.
rental ac
rental ac

Membersihkan Kondensor AC
Kondensor AC biasanya diletakkan di luar ruangan. Untuk itu, maka pastikan kondensor selalu bersih dari debu, semak belukar dan juga dedaunan. Maka dari itu, jika Anda ingin membersihkannya matikan dulu unit AC dari aliran listrik dan bersihkan debu yang menempel dengan menggunakan penyedot debu. Kondensor AC juga bisa Anda cuci dengan menyeprotkan air dengan tekanan tinggi untuk membersihkan kipas dan kisi-kisi kipas yang ada di dalamnya.
Kondensor AC sendiri bisa dicuci layaknya Anda mencuci mobil ataupun motor. Semprotkan air ke bagian dalam sampai semua debu yang ada di dalamnya hilang. Dan jika air yang Anda semprotkan keluar tanpa disertai dengan debu dan kotoran, artinya kondensor sudah bersih dari debu dan kotoran. Setelah itu, pastikan kondensor sudah kering sebelum digunakan.
Waktu Yang Tepat Untuk Menambah Freon
Untuk sebagian orang awam, mereka seringkali terpaksa memangil teknisi service AC untuk menyelesaikan masalah yang ada pada mesin pendingin ruangan yang dimiliki. Karena kurangnya pengetahuan, teknisi service AC yang nakal akan memaksa Anda untuk melakukan penambahan freon dengan mengatakan bahwa penyebab AC tidak dingin adalah karena freon bocor ataupun habis.
PT Quality Power, penyedia jasa rental AC mengatakan jika AC memang mengalami kebocoran freon maka menambahkan freon bukanlah solusi yang tepat. Teknisi yang terlatih dan berpengalaman harusnya melakukan tes untuk mengetahui letak kebocorannya. Kemudian teknisi tersebut harusnya memperbaiki kebocoran tersebut dengan cara menambal atau mengelas pipa yang bocor.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Tepat Mengisi Ulang Bahan Bakar Diesel Generator

Edward Chang - Tips Tumbuh Sebagai Seorang Pengusaha

Sewa AC Di Balikpapan, PT Quality Technic Jawabannya