Ini Dia Perbedaan Antara kW dan kVA Serta Cara Tepat Menghitung Besaran Watt

sewa genset jakarta
sewa genset jakarta

Sebelum membahas mengenai perbedaan antara kW dan kVA, akan lebih baik jika Anda mengetahui lebih dulu pengertian dari kW dan kVA. Untuk kVA merupakan satuan yang digunakan untuk mengukur kapasitas genset. Namun, kVA berbeda dengan kW yang biasa digunakan oleh PLN. Sedangkan untuk mengukur kapasitas dalam kW, Anda bisa mengenalinya dengan 0,8.

Menurut penyedia jasa sewa genset Jakarta, PT Quality Technic, perbedan utama antara faktor daya kW (kilowatt) dengan kVA (kilovolt ampere) adalah kW merupakan satuan nyata dan kVA adalah satuan daya semua atau daya nyata ditambahkan dengan aktif power. Jika Anda ingin menentukan dan mengetahui faktor daya, maka nilai perkiraan kW biasanya 0,8 dan kVA akan selalu lebih tinggi dari nilai kW.
sewa genset jakarta
sewa genset jakarta

Sehubungan dengan beberapa genset industri dan komersial, besaran kapasitas kW adalah yang paling sering digunakan pada genset di Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya menggunakan 60 Hz sedangkan sebagian besar negara di seluruh dunia biasanya menggunakan satuan kVA sebagai nilai utama saat mereferensikan genset, termasuk di Indonesia. Untuk memperluasnya, rating kW pada dasarnya adalah daya output yang keluar dari genset dan dapat dihasilkan genset berdasarkan pada tenaga kuda atau horse power dari mesinnya.
Penyedia jasa sewa genset Jakarta menyebut bahwa menentukan besaran kW biasanya ditentukan oleh rating tenaga kerja di kali mesin 0,746. Misalnya jika Anda memiliki mesin 500 horse power, maka genset Anda memiliki rating 373 kW. Sedangkan untuk kVA merupakan kapasitas pembangkit akhir, karena itulah pada beberapa jenis genset biasanya memiliki kedua peringkat ini.
Lalu, guna menentukan besaran rasio kW dan kVA, maka gunakan rumus dibawah ini :
Perhitungan genset ada yang menggunakan kVA dengan penghitungan cos faktor yakni :
sewa genset jakarta
sewa genset jakarta

1 kVA = 0,8 kW atau 800 watt
Sedangkan untuk penghitungan genset yang mudah adalah :
2 kVA adalah 1.600 watt, bukan 2,0 kW atau 2000 watt
Perbandingan antara kW dan kVA adalah :
 Genset dengan 100 kVA artinya memiliki kapasitas sebesar 80 kW atau 80.000 watt
Demikian merupakan beberapa informasi mengenai perbedaan antara kW dan kVA, semoga bermanfaat untuk Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Tepat Mengisi Ulang Bahan Bakar Diesel Generator

Edward Chang - Tips Tumbuh Sebagai Seorang Pengusaha

Sewa AC Di Balikpapan, PT Quality Technic Jawabannya