Apa Itu Genset Silencer? Mari Kita Kenali Lebih Jauh

rental genset
rental gensethttps://www.qualitytechnic.com/sewa-genset.html
Bagi beberapa orang yang kurang mengenal genset, maka istilah 'silencer' terkadang terdengar rancu dengan istilah 'silent box'. PT Quality Technic, penyedia jasa rental genset di Jakarta menjelaskan, silent box merupakan kotak penutup genset yang berfungsi untuk meredam suara mesin secara keseluruhan, sementara silencer umumnya disebut sebagai knalpot yang berfungsi untuk meredam suara ledakan yang keluar dari ruang bahan bakar di dalam mesin.

Seperti yang sudah diketahui, di dalam mesin genset seringkali terjadi ledakan-ledakan terkendali yang menjadi sumber daya gerak putaran mesin. Penyedia jasa rental genset mengatakan, suara ledakan ini sangat keras dan terbawa keluar melalui saliran gas buang. Jika tidak ada silencer atau knalpot ini, suara ledakan yang keras ini akan keluar begitu saja ke lingkungan dan akan menimbulkan polusi udara yang luar biasa.
rental genset
rental genset
PT Quality Technic, penydia jasa rental genset menjelaskan bahwa fungsi utama dari silencer adalah meredam suara ledakan sekaligus menyalurkan aliran gas uang dari mesin dengan lancar. Jika aliran gas buang tidak lancar, maka udara sisa pembakaran tidak bisa dibuang keluar dari ruang bakar dan akan  menimbulkan gangguan pada kinerja mesin genset yang Anda gunakan. Umumnya, ada 3 jenis silencer genset dan penyedia jasa rental genset. PT Quality Technic akan menjelaskannya dalam kesempatan kali ini. Yakni:
1.       Industrial Silencer
Knalpot genset industri ini berupa susunan tabung-tabung yang terbuat dari plat baja dan tidak memiliki bahan peredaman di dalamnya, sehingga suara yang terdengar masih cukup keras. Seperti namanya, penyedia jasa rental genset menyebut bahwa silencer industri memiliki daya redam suara yang bisa ditoleransi oleh lingkungan industri.
Area kerja ini umumnya cukup ramai karena terdapat mesin-mesin lainnya, kesibukan pekerja, lalu lalang kendaraan dan aktivitas lainnya. Karena itu, lingkungan industri masih dapat mentoleransi suara mesin yang agak keras. Industrial silencer ini umumnya digunakan untuk genset open type dan disertakan sepaket dengan mesin yang baru Anda beli.
2.       Residential Silencer
Seperti namanya, residential silencer harus mampu meredam siara mesin hingga dapat ditoleransi oleh lingkungan residensiap, seperti perumahan atau tempat tinggal. Lingkungan perumahan tentunya jauh lebih tenang daripada area kerja industri. Untuk itu, penyedia jasa rental genset, PT Quality Technic mengatakan untuk residential silencer memerlukan tambahan bahan peredam suara, seperto rockwool dehingga output suara yang terdengar lebih halus dibandinkgan industrial silencer.
rental genset
rental genset
3.       Super Residential Silencer
Sama hanya seperti residential silencer, yang memberdakannya adalah desain peredam suara di dalamnya. PT Quality Technic, penyedia jasa rental genset menjelaskan, super residential silencer biasanya menggunakan plat lubang yang ditata sedemikian rupa dan diisi dengan rockwool yang lebih padat. Sehingga suaranya pun akan jauh lebih redam. Knalpot ini biasanya digunakan untuk genset silent type berkapasitas besar, lebih dari 250 kVA.
Lantas, bagaimana cara untuk membedakan ketiga jenis silencer ini?
Menurut penyedia jasa rental genset, PT Quality Technic, jika dilihat sepintas dari luar bisa jadi ketiga jenis silencer ini tidak terlalu terlihat perbedaanya. Akan tetapi, biasanya industrial silencer memiliki ukuran diameter yang lebih kecil. Perbedaannya akan lebih terasa jika Anda mencoba untuk mengangkatnya. Industrial silencer jauh lebih rungan dibandingkan dengan kedua jenis silencer lainnya.

Anda juga bisa melihat kedalam pipa keluaran atau outputnya. PT Quality Technic, penyedia jasa rental genset mengatakan dari dalam pipa ini, Anda bisa melihat hanya plat lubang atau perforator, maka itu adalah industrial silencer. Akan tetapi jika yang Anda lihat adalah plat lubang di sisi rockwool, maka itu adalah super residential silencer. Demikianlah informasi yang bisa disampaikan mengenai silencer pada mesin genset. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Tepat Mengisi Ulang Bahan Bakar Diesel Generator

Edward Chang - Tips Tumbuh Sebagai Seorang Pengusaha