Cara Menggunakan Genset Dengan Aman

rental genset
rental genset
Genset merupakan sumber tenaga listrik yang baik untuk memenuhi kebutuhan listrik untuk seluruh masyarakat. Akan tetapi, menurut penyedia jasa rental genset, PT Quality Technic, penggunaan genset bukanlah tanpa resiko, terutama dalam hal keamanan saat digunakan. Kesalahan dalam penggunaan bisa menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan seperti kerusakan peralatan listrik, kebakaran sampai dengan menyebabkan cidera terhadap orang yang mengoperasikannya.

Oleh karena itu, diperlukan kehati-hatian dan pengetahuan dalam mengoperasikan genset agar hal yang tidak diinginkan bisa terhindari. Untuk itu, sebelum membahas cara menggunakan genset, berikut ini ada beberapa masalah keamanan yang perlu Anda ketahui untuk diwaspadai oleh para pengguna atau operator genset menurut penyedia jasa rental genset, PT Quality Technic. Yakni :
·         Karbon monoksida atau CO yang perlu diperhatikan adalah kandungan CO dari asap dari knalpot genset yang bisa menyebabkan keracunan. Kesalahan dalam penggunaan genset bisa menyebabkan keracunan CO dan inilah yang harus dihindari.
rental genset
rental genset
·         CO tidak berbau dan tidak terlihat, untuk menghindari keracunan diperlukan instalasi detector CO. Detector ini akan memberikan peringatan jika CO mengalami peningkatan.
·         Jangan meletakkan atau menggunakan genset di dalam ruangan ataupun luar ruangan yang dekat dengan jendela maupun ventilasi udara yang dapat menyebabkan atau memungkinkan CO masuk kedalam ruangan.
·         Perhatikan juga aliran udara yang keluar dari genset.
·         Jika Anda menggunakan genset sebagai sumber daya listrik darurat di rumah, maka saat genset sudah dinyalakan dan kemudian Anda merasa pusing, gejala flu atau sakit maka cepatlah keluar dari ruangan. Penyedia jasa rental genset mengatakan, hal ini kemungkinan menjadi sesuatu yang salah pada udara di ruangan yang diakibatkan oleh genset.
Selanjutnya, jika Anda sudah mengetahui apa yang harus diwaspadai ketika menggunakan genset, maka sekarang adalah saatnya mempelajari cara menggunakan genset yang benar agar hal-hal yang diwaspadai tersebut tidak terjadi pada Anda. Cara-cara dibawah ini disampaikan oleh penyedia jasa rental genset di Jakarta, PT Quality Technic yang sudah berpengalaman dalam dunia genset sejak tahun 1997.
1.       Saat menggunakan genset, maka gunakan di luar ruangan agar has CO atau karbon monoksida tidak masuk kedalam rumah. Untuk itu, gunakan genset pada area terbuka yang tidak terlalu dekat dengan pintu, jendela atau ubang ventilasi rumah Anda.
2.       Pastikan juga jika pemutus aliran listrik bisa dijangkau dengan mudah. Hal ini akan bermanfaat jika terjadi konsleting listrik, kebakaran atau hal lain yang tidak diinginkan terjadi pada genset. Anda bisa dengan mudah memutus aliran listrik tersebut sebelum hal-hal yang tidak diinginkan tersebut sulit dikendalikan.
rental genset
rental genset
3.       Jika Anda memiliki stok bahan bakar yang akan digunakan, maka penyedia jasa rental genset berpesan untuk menyimpannya di dalam wadah yang aman atau yang sudah dirancang khusus untuk menyimpan bahan bakar. Jangan menyimpan bahan bakar berdekatan dengan gensey yang sedang menyala, hal ini bisa memicu kebakaran.
4.       Gunakan bahan bakar yang direkomendasikan dalam buku panduan manual untuk penggunaan genset yang biasanya terdapat saat Anda membeli atau rental genset.
5.       Dan ketika Anda ingin mengisi bahan bakar, maka jangan pernah mengisinya saat genset menyala. Penyedia jasa rental genset di Jakarta, PT Quality Technic berpesan agar Anda memiliki alat pemadaman yang terisi penuh dan disimpan berdekatan dengan genset.

Demikianlah informasi tentang cara menggunakan genset agar agar hal-hal yang tidak diinginkan bisa dihindari, seperti yang disampaikan oleh penyedia jasa rental genset, PT Quality Technic. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dan menjadi informasi baru untuk Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Tepat Mengisi Ulang Bahan Bakar Diesel Generator

Edward Chang - Tips Tumbuh Sebagai Seorang Pengusaha

Sewa AC Di Balikpapan, PT Quality Technic Jawabannya