Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan Genset Untuk Pemula


Sebenarnya, tidak ada cara khusus untuk menggunakan genset, namun jika dalam keadaan tertentu dan Anda dihadapkan pada situasi harus mengoperasikan generator set, maka perlu waktu lama untuk mengetahui cara kerja mesin tersebut, bahkan bisa jadi Anda panik karena belum tahu langkah apayang harus dilakukan. Oleh karena itu, menurut kami yang memiliki jasa sewagenset, tidak ada salahnya jika Anda mengetahui hal penting yang harus Anda lakukan saat menghadapi situasi tersebut.
sewa genset
sewa genset

Apa saja yang dapat Anda lakukan? Berikut kami ringkas dalam beberapa poin :
        Periksa Bahan Bakar
Sebagai tahap paling awal, sebelum menyalakan sebuah generator set adalah wajib memeriksa ketersediaan bahan bakar kecuali jenis generator tanpa bahan bakar. Untuk jenis portable genset sebaiknya menggunakan bahan bakar premium. Jika kosong, isi secukupnya jangan terlalu penuh dan jangan pula terlampau sedikit.


        Periksa Pelumas Mesin
Langkah kedua dalam menggunakan genset untuk pemula adalah memastikan oli atau pelumas terisi penuh. Umumnya menggunakan oli tipe SAE 20-40 merek apapun bisa Anda gunakan sesuai jenis mesin genset yang Anda miliki. Yang perlu Anda perhatikan adalah, batas pengisian oli.
        Periksa Kondisi Accu
Cara melakukan pengecekan bisa dengan melakukan start langsung, jika masih baik maka mesin dapat menyala, namun jika beberapa kali ditekan tetapi tidak terjadi aktivitas mesin maka bisa jadi accu kurang baik. Kami menyarankan kepada Anda untuk melakukan pengecekan pada accu dan beberapa konektor yang berhubungan langsung dengan pembangkit mesin untuk memicu bergeraknya mesin. Jika tidak ada masalah dengan konektor dan kabel maka Anda perlu mengganti accu Anda.
        Periksa MCB Pembebanan Listrik
Ini harus dilakukan, karena jangan sampai arus yang nantinya akan dialirkan listrik menjadi bermasalah dan akhirnya menjadi short. Termasuk kabel yang menopang beban arus listrik. Pastikan MCB panel menuju generator dan saklar PLN pada posisi OFF. Hal ini dilakukan untuk menghindari penyebaran arus yang tidak teratur dan menyebabkan kecelakaan kerja.
        Menyalakan Genset Bensin
Setelah melakukan tahapan pengecekan beberapa komponen inti dan arus distribusi maka inilah tahapan dimana Anda harus mengaktifkan mesin tersebut. Tahapan aktivasi adalah :
sewa genset
sewa genset

1.       Pastikan lakukan Choke Genset sebelum dinyalakan, mengubah posisi untuk mempercepat genset menyala ketika dihidupkan.
2.       Posisi Choke berada dekat dengan karburator, biasanya disertai dengan logo segitiga.
3.       Pastikan posisi tuas Choke berada di puncak logo segitiga
4.       Posisikan saklar mesin atau engine switch pada posisi on
5.       Posisikan tuas pengatur udara atau Choke pada posisi on

Demikian ulasan yang dapat kami sampaikan tentang langkah – langkah untuk bagaimana menyalakan genset dengan baik dan benar. Untuk informasi jasa sewa genset, Anda bisa mengunjungi laman kami di https://www.qualitytechnic.com/ Terima kasih.
sewa genset
sewa genset

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Tepat Mengisi Ulang Bahan Bakar Diesel Generator

Edward Chang - Tips Tumbuh Sebagai Seorang Pengusaha

Sewa AC Di Balikpapan, PT Quality Technic Jawabannya