Ini Dia Cara Merawat Genset Untuk Pemula


Memiliki genset adalah pilihan, tetapi mengerti serta memahami bagaimana cara mengoperasikan dan merawat genset adalah sebuah keharusan bagi Anda yang telah memiliki genset. Menurut PT Quality Technic yang memiliki jasa sewa genset, seringkali pemilik genset tidak bisa merawat genset yang pada akhirnya genset susah untuk digunakan saat dibutuhkan.
sewa genset
sewa genset

Oleh karena itu, kami yang memiliki jasa sewa genset akan memberikan beberpa poin penting yang harus Anda ketahui untuk genset yang lebih aman dan awet. Berikut ulasannya :
Pertama dalah, Anda harus mematikan mesin segera jika ada kejadian yang tidak normal seperti getaran yang tinggi, suara yang kasar atau tersendat-sendat dan segera perbaiki masalahnya secepat mungkin. Anda juga harus merawat kabel-kabel instrumen dengan teratur, karena dapat berakibat fatal dan dapat membahayakan manusia. Segera perbaiki atau ganti jika ditemukan ada kabel yang terkelupas, sambungan kabel yang kendor atau jika tercium bau kabel terbakar.


Kedua Anda harus memasang kabel dengan baik dan benar. Kabel power harus terpasang dengan benar untuk menghindari hubungan singkat. Perhatikan petunjuk atau kode pada stiker di terminal output. Kencangkan setiap kabel yang dipasang dan jangan sampai kendor karena bisa berbahaya. Anda juga tidak diperkenankan untuk menyentuh terminal output, karena ketika genset beroperasi akan dapat menimbulkan sengatan listrik.
sewa genset
sewa genset

Ketiga adalah, Anda harus mengindari air terhadap bagian listrik. Jagalah jangan sampai air membasahi terminal output, kabel control atau instrumen dan generator. Karena hal ini dapat menyebabkan arus listrik singkat. Dan Anda juga harus menghindari beban berlebih. Jika hal ini telah terjadi maka harus dilakukan pengurangan beban sebelum menghidupkan genset kembali. Gunakan generator dengan pemberian beban bertahap. Jangan beri beban tinggi dalam suatu masa yang sama. Gunakan generator dalam kapasitas continous bukan kapasitas maksimumnya.
Biasakan menghidupkan barang elektronik yang memerlukan daya listrik paling besar terlebih dahulu. Misalkan menghidupkan AC secara bertahap, tidak berbarengan. Pemberian beban yang tinggi dalam satu masa yang sama dapat memperpendek umur genset.
Kemudian Anda juga harus menghindari pipa knalpot dari air hujan. Pasanglah sambungan pipa elbow atau raincap untuk mencegah air hujan masuk ke dalam pipa knalpot. Buanglah air yang masuk ke knalpot secara rutin melalui drain plug di bagian bawah knalpot atau genset silent type.
Kemudian yang terakhir adalah, Anda perlu berhati – hati terhadap kebakaran. Bahan bakar dan minyak pelumas adalah bahan yang mudah terbakar. Jagalah jangan sampai minyak berceceran di sekitar genset. Jagalah kebersihan bagian dalam genset, karena mudah terbakar jika terkontaminasi minyak. Jauhkan genset dari lingkungan kerja yang banyak menggunakan api.
Demikian ulasan yang dapat kami sampaikan tentang hal apa saja yang harus Anda lakukan dalam melakukan perawatan terhadap genset. Untuk informasi jasa sewa genset, Anda bisa mengunjungi laman kami di https://www.qualitytechnic.com/ Terima kasih.
sewa genset
sewa genset

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Tepat Mengisi Ulang Bahan Bakar Diesel Generator

Edward Chang - Tips Tumbuh Sebagai Seorang Pengusaha

Sewa AC Di Balikpapan, PT Quality Technic Jawabannya