Ini Dia Penjelasan Tentang Faktor Daya Pada Genset!

sewa genset
sewa genset
Sebelum kita mebahas mengenai penjelasan tentang faktor daya pada genset, maka kita akan mengawalinya dengan menjelaskan serta mengetahui lebih dulu apa perbedaan antara faktor daya kW dan juga kVA. Penyedia jasa sewa genset di Jakarta, PT Quality Technic menjelaskan bahwa :

·         kW adalah satuan daya nyata.
·         kVA adalah satuan daya semu yang merupakan daya nyata ditambahkan dengan aktif power.
Untuk faktor daya sendiri, jika Anda ingin menentukan dan mentehauinya maka ada yang namanya nilai perkiraan kW sebesar 0,8 dan nilai kVA akan selalu lebih tinggi dari nilai kW. PT Quality Technic, penyedia jasa sewa genset di Jakarta menyampaikan sehubungan dengen genset industri dan komersial, faktor daya kW adalah yang paling sering digunakan pada genset di Amerika Seriat. Sedangkan beberapa negara lain ada yng menggunakan 60Hz dan mayoritas genset dunia menggunakan kVA sebagai nilai utamanya mereferensikan kapasitas dayanya.
Untuk memperluasnya sedikit lagu, rating kW pada dasarnya merupakan output yang keluar atau dapat dihasilkan oleh genset berdasarkan tenaga kudah atau horse power dari mesin. Penydia jasa sewa genset mengatakan, kW biasanya ditentukan dari rating tenaga kuda dikali dengan mesin 0,746. Contohnya adalah jika Anda memiliki genset dengan output 500 horse power, maka genset Anda memiliki rating 373 kW.
sewa genset
sewa genset 
Sedangkan untuk kVA atau kilo volt ampere merupakan kapasitas pembangkit akhir. Sebuah genset biasanya memiliki kedua peringkat ini. Dan untuk menentukan kW serta kVA maka Anda bisa menggunakan rumus di bawah ini.
Rating kW           = 0,8 (Faktor daya) x 625 (kVA)
                                                = 500 kW
Lantas, apa yang dimaksud dengan faktor daya?
Faktor daya biasanya didefnisikan sebagai rasio antara kilowatt atau kW yang diambil dari sebuah beban listrik. Lebih rincinya, rasio ini ditentukan oleh beban yang terhubung dengan genset.Penyedia jasa sewa genset mengatakan bahwa faktor daya pada nameplate yang ada pada genset terhubung dengan kVA dan rating kW.
sewa genset
sewa genset 

Genset dengan faktor daya yang lebih tinggi akan lebih efisien yuntuk mentransfer energi pada beban yang terhubung, sedangkan genset dengan faktor daya yang rendah tidak akan efisien dan mengakibatkan peningkatan biaya listri. PT Quality Technic menjelaskan bahwa standar faktor daya genset adalah tiga frasa 0,8.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Tepat Mengisi Ulang Bahan Bakar Diesel Generator

Edward Chang - Tips Tumbuh Sebagai Seorang Pengusaha

Sewa AC Di Balikpapan, PT Quality Technic Jawabannya