Mari Kenali Jenis-Jenis Genset Berdasarkan Bahan Bakarnya

Generator set atau dikenal dengan genset merupakan sebuah mesin pembangkit listrik dalam bentuk dan desain yang sederhana. Energi listrik yang dihasilkan berasal dari energi mekanik mesin yang ada di dalamnya. Tentunya, sebuah mesin akan bekerja karena terdapat bahan bakar di dalamnya. Penyedia jasa rental genset, PT Quality Technic menjelaskan, bahan bakar tersebut nantinya akan memicu pembakaran di dalam mesin sehingga akan menghasilkan energi mekanik.
Pun begitu dengan genset. Untuk menjalankan mesinnya, genset memerlukan bahan bakar. Dan ada beberapa jenis bahan bakar yang bisa digunakan untuk menggerakan mesin di dalam genset. Akan tetapi, menurut penyedia jasa rental genset, PT Quality Technic, bahan bakar tersebut hanya diperuntukan bagi tipe genset yang berbeda. Berdasarkan bahan bakarnya, maka genset dibagi menjadi 4 jenis. Yakni :
·         Bahan Bakar Solar
Genset dengan bahan bakar solat bisa juga disebut dengan genset diesel. Solar menjadi bahan bakar utama untuk menggerakan genset jenis ini. Penyedia jasa rental genset mengatakan, genset dengan bahan bakar solar ini mampu menghasilkan daya listrik yang besar, yakni dalam kisaran 10.000 watt sampai dengan 100.000 watt. Karena itu, genset jenis ini biasa digunakan dalam acara-acara besar seperti pentas seni atau hajatan.
rental genset
rental genset
·         Bahan Bakar Bensin
Genset dengan bahan bakar bensin juga dikenal dengan nama gasoline generators. Berbeda dengan genset diesen, penyedia jasa rental genset di Jakarta, PT Quality Technic mengatakan bahwa jenis genset ini menggunakan bensin sebagai bahan bakar utama untuk menjakankan mesinnya.
Dan hampir sama dengan mesin kendaraan bermotir, genset berbahan bakar bensin ini dibagi menjadi 2 tipe, yakni 2 tak dan 4 tak. Genset 2 tak biasanya hanya digunakan untuk kebutuhan listrik dibawah 1000 watt, sedangkan genset 4 tak lebih bervariartif penggunaannya.
·         Bahan Bakar Gas
Bahan bakar gas yang digunakan untuk menggerakan mesin genset jenis ini adalah gas alam. Yakni gas CNG atau Compressed Natural Gas atau LPG. Untuk gas CNG biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar karena digunakan dalam pemakaian jangka panjang, selain itu harganya mahal dan tidak efektif jika digunakan untuk memenuhi kebutuhan genset yang digunakan di rumah.
Berbeda dengan gas LPG, penyedia jasa rental genset di Jakarta, PT Quality Technic mengatakan bahwa jenis gas ini adalah yang biasa digunakan di rumah. Selain karena harganya yang lebih murah, gas ini juga lebih mudah untuk di dapatkan. Selain itu, penggunaannya juga lebih mudah karena tidak membutuhkan pipa-pipa permanen seperti gas CNG di perusahaan.
rental genset
rental genset
·         Bahan Bakar Tenaga Matahari

Sama halnya seperti genset dengan bahan bakan gas, jenis genset yang satu ini biasanya digunakan sebagai genset rumah tangga. Menurut penyedia jasa rental genset, biasanya jenis genset yang satu ini digunakan di tempat-tempat komersial dan diletakkan bersamaan dengan panel surya. Selain itu, genset ini juga bisa digunakan untuk perangkat elektronik yang membutuhkan daya besar, seperti pendingin ruangan dan pemanas air.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Tepat Mengisi Ulang Bahan Bakar Diesel Generator

Edward Chang - Tips Tumbuh Sebagai Seorang Pengusaha

Sewa AC Di Balikpapan, PT Quality Technic Jawabannya