Tahapan Singkat Untuk Menyalakan Genset Diesel


Genset atau generator set yang kini sudah menjadi kebutuhan masyarakat, telah banyak dijual atau disewakan di banyak toko. Menurut PT Quality Technic yang memiliki jasa sewa genset, jika Anda memiliki genset maka Anda harus dan perlu mengetahui bagaimana cara merawat serta menyalakan genset dengan baik dan benar. Pasalnya, jika tidak diiringi dengan kemampuan dalam mengoperasikan genset, maka bukan hal yang tidak mungkin akan membahayakan Anda sendiri.
Oleh karena itu, kami yang memiliki jasa sewa genset akan mencoba informasikan tentang apa saja langkah yang baik dalam pengoperasian genset. Berikut lebih jelasnya :
sewa genset
sewa genset

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah memanaskan genset. Hal seperti ini mirip dengan ketika Anda menghidupkan kendaraan motor atau mobil, biarkan mesin melakukan pemanasan dengan sendirinya hingga 5 sampai 10 menit, hal ini juga untuk menjaga agar putaran sistem kerja mesin lebih stabil karena semua komponen dan pelumas sudah bekerja dengan sempurna.


Selanjutnya Anda harus menarik koil secara perlahan. Ini adalah jenis genset mekanik, artinya untuk menghidupkan genset ini diperlukan tarikan yang kencang. Namun, sebelum melakukan penarikan kencang, Anda bisa melakukan tarikan lemah setelah terdapat beban dalam tarikan maka Anda bisa menariknya dengan kencang agar mesin menyala dengan baik.
Kemudian Anda juga harus mematikan choke. Ini bisa dilakukan setelah genset menyala. Biarkan beberapa saat sekitar 5 menit pertama dan genset dapat diberikan beban. Jangan beri beban berat untuk pertama kali. Sebaiknya beban bertahap, 500 Watt, 1000 Watt, 2000 Watt dan seterusnya. Hal ini sangat lazim dilakukan di semua genset, baik manual starter ataupun elektrik starter.
sewa genset
sewa genset

Kemudian yang terakhir adalah mematikan genset. Inilah tahap akhir setelah generator ini usai digunakan, namun, hal ini juga bisa dilakukan jika terjadi sesuatu hal dan harus mematikan mesin demi keamanan. Berikut tahapannya :
1.       Matikan saklar MCB/ Breaker pembebanan pada posisi off
2.       Biarkan selama ± 5 menit agar putaran mesin generator menghabiskan gas buang
3.       Pastikan kontak mesin pada posisi OFF untuk tipe diesel dan bensin, manual ataupun elektrik

Itulah tadi ulasan yang dapat kami sampaikan tentang apa saja yag seharusnya Anda lakukan terhadap genset Anda. Untuk informasi jasa sewa genset, Anda bia menunjungi laman kami di https://www.qualitytechnic.com/ Terima kasih.
sewa genset
sewa genset

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Tepat Mengisi Ulang Bahan Bakar Diesel Generator

Edward Chang - Tips Tumbuh Sebagai Seorang Pengusaha

Sewa AC Di Balikpapan, PT Quality Technic Jawabannya