Jenis Genset Berdasarkan Kapasitasnya, Apa Saja?

sewa genset
sewa genset 

PT Quality Technic, penyedia jasa sewa genset di Jakarta menjelaskan bahwa genset dikenal sebagai perangkat yang bisa digunakan sebagai cadangan listrik, yang mana akan membantu mengalirkan listrik saat terjadi pemadaman dari PLN. Keberadaan genset nyatanya memberikan banyak keuntungan bagi masyarakat, baik penggunaan pribadi di rumah maupun penggunaan umum, seperti pada kegiatan industri. Namun, tahukan Anda jika ada berapa banyak jenis genset yang dibagi dalam beberapa kategori, seperti berdasarkan kapasitanya?

Jenis genset sendiri dibagi menjadi 3, yakni beradasrkan kapasitas, tipe open atau silent dan juga berdasarkan bahan bakar yang digunakannya. Beberapa produsen genset sendiri secara eksplisit membagi tipe genset berdasarkan kapasitasnya ini menjadi 3, namun juga ada yang mencantumkan 1 kapasitas saja.
Karena itu, dalam memilih genset ada baiknya jika Anda jeli dan mencermati kapasitas genset apa saja yang ditawarkan oleh vendor dan tentukan pula bagaimana genset tersebut akan Anda gunakan. Karena itulah, dalam kesempatan ini, bersama dengan penyedia layanan sewa genset di Jakarta, PT Quality Technic, kita akan membahas mengenai tipe genset berdasarkan kapasitasnya. Yakni :
Prime Capacity
Prime capacity atau kapasitas utama merupakan kapasitas beban yang diharapkan bisa ditanggung genset dalam waktu yang tidak terbatas. Beban juga bisa naik turun, namun total beban berkisar pada 60 sampai 70% dari nilai kapasitas prime yang tertera. Penyedia layanan sewa genset, PT Quality Technic menjelaskan, jika Anda tidak menanyakan jenis kapasitas genset, maka biasanya vendor akan menggunakan prime capacity sebagai dasar  pembuatan penawaran.
sewa genset
sewa genset 
Dalam kondisi ini, genset bisa berjalan selama 24 jam dan 7 hari dalam seminggu yang artinya tanpa henti, kecuali untuk perawatan rutin. Namun, jika hendak digunakan 100% dari nilai kapasitas prime, lebih baik genset tidak digunakan lebih dari 8 jam dalam sehari. Contohnya adalah jika kapasitas prime yang tertera pada genset adalah 100 kVA, maka genset yang digunakan secara terus menerus atau kontinyu pada kisaran 60 samoai 70 kVA dengan asumsi akan ada nak turun beban atau beban kejut.
Namun, jika genset diharapkan menanggung 100 kVA ditambah beban kejut, maka lebih baik batasi pemakaian genset pada 9 jam sehari.
Continuous Capacity
Continuous capacity atau kapasitas berkelanjutan adalah beban konstan yang bisa ditanggung oleh gensey secara terus menerus, seperti kata kuncinya yakni KONSTAN. Beban konstan artinya besar beban relatif stablil dan tidak berubah-ubah serta minum beban kejut. PT Qualitu Technic, penyedia layanan sewa genset menjelaskan jika dalam kondisi ini genset bisa digunakan 24/7 non-stop, kecuali untuk perawatan.
Biasanya kapasitas continuous yang tertera adalah 90-95% dari kapasitas prime. Seperti jika kapasitas prime tertera 100 kVA, maka kapasitas continous bisa tertera 90 sampai 95 kVA. Idealnya genset hanya dibebani 70 samapi 80% kapasitas continous yang tertera. 
Stand By Capacity
Atau kapasitas siaga adalah kapasitas genset yang ditetapkan dengan pertimbangan bahwa genset jarang digunakan sehingga memiliki banyak waktu untuk istirahat sehingga kapasitas stand by yang tertera bisa 5 sampai 10% lebi besar dibandingkan kapasitas prime yang tertera. Contohnya adalah jika kapasitas prime 100 kVA, maka kapasitas stand by yang tertera berkisar antara 105 sampai 110 kVA.
Penyedia layanan sewa genset, PT Quality Technic menghimbau jika genset yang digunakan berdasarka kapasitas stand by tidak boleh menanggung beban yang lebih besar dari yang tertera. Jika digunakan untuk menanggung beban 100% kapasitas yang tertera, maka gunakan genset dalam kurun waktu 1 jam saja dan tidak lebih dari 100 jam pertahunnya.
sewa genset
sewa genset 

Untuk itu, PT Quality Technic, penyedia layanan sewa genset di Jakarta menyimpulkan bahwa pada prinsipnya setiap genset didesain untuk menanggung beban sesuai prime capacity-nya. Jika dipaksa untuk menanggung beban lebih besar dari kaspasitas Prime yakni kapasitas stand by, maka genset masih sanggup asal tidak digunakan terlalu lama. Namun, jika diberikan beban ringan yang stabil atau kapasitas continous, maka genset bisa berjalan terus menerus tanpa membutuhkan istirahat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Tepat Mengisi Ulang Bahan Bakar Diesel Generator

Edward Chang - Tips Tumbuh Sebagai Seorang Pengusaha

Sewa AC Di Balikpapan, PT Quality Technic Jawabannya