Poin Penting Merawat Genset Dengan Cara Yang Baik Dan Benar


Generator set saat ini sudah menjadi hal yang lumrah dan banyak di gunakan oleh mini market bahkan rumah hunian. Pasalnya PLN yang terkadang harus menghentikan arus listrik untuk melakukan maintenance dan manusia yang sangat membutuhkan arus listrik. PT Quality Technic yang memiliki jasa sewagenset mengatakan, untuk Anda yang memiliki genset, Anda perlu mengetahui bagaimana cara mengoperasikan serta merawat genset dengan cara yang baik dan benar. Hal ini berguna untuk melakukan pencegahan terhadap genset yang susah dihidupkan dan kebakaran yang diakibatkan oleh genset yang  tidak terurus.
sewa genset
sewa genset

Baiiklah langsung saja, berikut poin poinnya :
1.       Pemanasan mesin dibutuhkan bagi genset atau generator Anda. Jenis generator dengan starter elektik membutuhkan pemanasan mesin paling tidak satu minggu sekali. Terlalu lama tidak menghidupkan generator Anda akan menyebabkan aki kosong dan jika Anda membutuhkan sewaktu-waktu tidak akan menyala dan membuat Anda harus menghidupkan dengan tarikan tuas atau sistem recoil.


Generator yang tidak menggunakan sistem elektrik starter membutuhkan pemanasan mesin dalam jangka tiga minggu sampai satu bulan tidak menghidupkan mesin. Gunanya bukan lagi untuk aki, namun lebih untuk sirkualsi oli mesin genset dalam ruang mesin.
2.       Perhatikan sirkulasi udara. Jika genset dioperasikan di dalam ruangan, maka harus dibuat ventilasi udara yang baik. Udara panas dari radiator juga harus dikeluarkan langsung melalui ducting atau cerobong dan tidak boleh ada aliran balik agar mesin tidak panas.
sewa genset
sewa genset

3.       Pastikan bahwa operator genset mengetahui cara-cara pengoperasian yang benar. Berilah penjelasan yang detail sesuai dengan buku petunjuk.
4.       Pastikan oli mesin yang anda gunakan sesuai dengan kapasitas mesin, tambahkan jika oli anda kurang dan ganti jika sudah cukup lama anda gunakan atau dapat dilihat dari kekentalan oli mesin. Pastikan oli yang anda gunakan adalah oli dengan kualitas yang baik.
5.       Peletakan genset di tempat yang permukaannya rata atau di atas pondasi yang kuat dan tidak labil. Pondasi yang tidak kuat bisa menyebabkan kerusakan genset. Selebihnya silahkan Anda baca tips memilih penempatan genset.
6.       Jagalah kebersihan genset. Jangan biarkan kebocoran-kebocoran yang terjadi berlangsung lama, dan bersihkan debu atau kotoran yang menempel di radiator.
7.       Lakukan perawatan genset secara teratur. Jika setiap komponen genset dirawat dan dijaga kondisinya, maka kinerjanya akan menjadi lebih baik serta memberi keamanan selama proses bekerja. Itu sebabnya selain dibersihkan, periksalah volume oil, air radiator dan tangki bahan bakar secara teratur. Rawatlah genset dengan baik dan ikuti petunjuk pada buku manual genset. Pakailah bahan bakar dan oli pelumas sesuai dengan yang disarankan pabrik pembuat mesin. Gantilah sparepart dengan memakai sparepart yang original agar genset Anda dapat beroperasi dalam jangka waktu lama dan lancar.
Demikianulasan yang dapat kami sampaikan tentang poin – poin penting dalam merawat genset, semoga apa yang telah kami tulis bisa bermanfaat untuk pembaca. Terima kasih.
sewa genset
sewa genset



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Tepat Mengisi Ulang Bahan Bakar Diesel Generator

Edward Chang - Tips Tumbuh Sebagai Seorang Pengusaha

Sewa AC Di Balikpapan, PT Quality Technic Jawabannya