Ingin Mencari Genset Sesuai Dengan Keperluan Rumah Tangga? Ini Panduannya!

sewa genset
sewa genset
Listrik menjadi suatu kebutuhan yang tidak bisa lepas dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari pagi sampai dengan malam hari, Anda tentu selalu membutukan energi listrik. Semua kebutuhan ini umumnya berasal dari listrik PLN, namun menurut penyedia jasa sewa genset, PT Quality Technic, ada kalanya juga listrik dari PLN padam karena berbagai alasan sehingg Anda tidak dapat menggunakan listrik di rumah.

Bagi sebagian orang yang memang sangat bergantung pada listrik, tentunya padamnya listrik PLN menjadi hal yang sangat tergangu bahkan dapat menimbulkan kerugian. Dan solusinya adalah dengan membeli genset atau menyewa gnset untuk menggantikan sumber listrik saat PLN padam. Dengan keberadaan genset sebagai sumber pembangkit tenaga listrik di rumah maupun kantor, Anda tidak perlu lagi merasa kebingungan walaupun listrik dari PLN padam.
Untuk itu, bagi Anda yang berencana untuk membeli ataupun menyewa genset guna memenuhi kebutuhan listrik urmah tangga maupun usaha di rumah namun masih bingung untuk memilih dan menentukan pilihan genset yang bagus serta sesuai dengan kebutuhan Anda, berikut ini ada beberapa panduan untuk memilih genset yang bagus dan sesuai, seperti yang disampaikan oleh perusahaan sewa genset di Jakarta, PT Quality Technic. Yakni :
sewa genset
sewa genset 
1.       Sesuaikan Kapasitas Daya
Hal pertama yang harus Anda perhatikan menurut perusahaan sewa genset di Jakarta, PT Quality Technic adalah berapa besar daya genset yang Anda perlukan?
Tentunya daya genset ini harus disesuaikan dengan kebutuhan daya dari berbagai peralatan listrik yang digunakan di rumah. Jika data listrik PLN yang terpasang di rumah Anda adalah 2200 watt, maka carilah genset yang besar kapasitasnya 30% diatas besaran watt yang Anda gunakan di rumah. Serta untuk menjaga kondisi genset agar lebih awet dan tahan lama, maka sebaiknya gunakan genset dengan beban 80% dari daya maksimal.
2.       Membedakan VA dan Watt
Satuan daya yang tertulis pada genset ada yang menggunakan satuan watt dan juga VA atau volt ampere, menggunakan satuan kW dan kVA. Perushaaan yang melayani jasa sewa genset di Jakarta, PT Quality Tecnic menjelaskan bahwa :
·         1 kW = 1000 watt
·         1 kVA = 1000 VA
Sehingga genset dengan gaya tertulis sebesar 1000 watt tentu akan berbeda dengan genset berdaya 100 VA. Perbedaannya adalah satuan watt yang merupakan daya sebenarnya, sedangkan VA adalag daya nominal atau daya semu. Untuk genset dengan satuan daya VA, maka harus dikalikan lebih dulu dengan faktor daya genset guna mendapatkan satuan daya watt dan umumnya faktor daya gensetnya adalah sebesar 0,8  dengan rumus :
·         Satuan VA x 0,8 = Satuan Watt
3.       Genset 1 Fasa Atau 3 Fasa
Listrik yang umumnya digunakan di rumah adalah listrik 1 fasa maka genset yang Anda pilih tentu genset dengan listrik 1 fasa. Namun jika Anda memang membutuhkan listrik 3 fasa untuk keperluan usaha, pilihlah genset dengan listrik 3 fasa. Dimana pada sebuah genset biasanya tertuls 1 phase untuk 1 fasa dan 3 phase untuk 3 fasa.
4.       Bahan Bakar Genset
Perusahaan yang menyediakan jasa sewa genset, PT Quality Technic berpesan kepada Anda untuk memastikan jenis bahan bakar apa yang Anda pilih untuk genset, apakah genset yang Ana menggunakan bahan bakar bensin ataukah solar. Namun pada umumnya, untuk genset dengan daya yang relatif kecil menggunakan bahan bakar bensin, sedangkan untuk genset berbahan bakar solar umumnya untuk genset dengan daya yang besar.
sewa genset
sewa genset 
5.       Cara Pengoperasian
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengoperasikan genset yang bisa ditemui dengan mudah di pasaran untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, ada yang dinyalakan dengan menggunakan electric stater dan ada juga yang menggunakan manual stater.
Namun, penyedia jasa sewa genset di Jakarta, PT Quality Technic menyarankan Anda untuk memilih genset dengan sistem pengoperasian electric stater agar Anda tidak perlu repot menyalakan genset saat listrik padam dibandingkan dengan genset yang menggunakan sistem manual yang harus diputar.
6.       Tipe Genset
Tipe genset yang sering dan banyak digunakan untuk keperluan serta kebutuhan rumah tangga adalah genset portable karena harganya yang lebih murah dibandingkan dengan tipe standby. Sayangnya, genset portable memiliki suara yang agak berisik dibandingkan genset standby yang biasanya sudah dirancang tertutup dan lebih kedap suara.
Namun, jika Anda menginginkan genset portable ang tidaj bersik, maka Anda bisa memilih genset portable dengan tipe silent. Namun, harganya memang jauh lebih mahal dibandingkan dengan genset portable biasa.

Dan tips terakhir yang disampaikan oleh perusahaan penyedia jasa sewa genset, PT Quality Technic adalah tempatkan genset di luar rumah agar asap dari gensettidak berkumpul di dalam rumah dan membahayakan kesehatan Anda dan keluarga. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Tepat Mengisi Ulang Bahan Bakar Diesel Generator

Edward Chang - Tips Tumbuh Sebagai Seorang Pengusaha

Sewa AC Di Balikpapan, PT Quality Technic Jawabannya