Seperti Apakah Sejarah Dan Serba-Serbi Genset?

rental genset jakarta
rental genset jakarta

Penemuan mesin genset memang tidak bisa lepas dari penemuan yang dilakukan oleh Michael Faraday, yakni penemuannya dalam perbedaan potensial yang dihasilkan oleh ujung-ujung konduktor listrik dan medan magnet. Awalnya beliau menciptakan sebuah genset elektromagnetik berdasarkan sistem cakram tembaga yang berputar antara kutub magnet. Akan tetapi, menurut penyedia jasa rental genset Jakarta, PT Quality Technic, cakram Faraday ini dianggap tidak efisien, karena arus listrik yang arahnya berlawanan dibagian cakram tidak teraliri arus listrik.

Karena itu, pada tahun 1832, seorang ilmuwan bernama Hippolyte Pixii dan seorang pembuat peralatan dari Perancis membuat sebuah dinamo pertama yang didasari oleh prinsip Faraday. Alat ini menggunakan sebuah magnet permanen yang diputar oleh sebuah crank. Magnet yang berputar ini kemudian diletakkan sedemikian rupa, sehingga kutub utara dan kutub selatan magnet tersebut melewati bongkahan besi yang dibungkus oleh kawat.
Kemudian, PT Quality Technic, penyedia jasa rental genset Jakarta kembali menjelaskan bahwa magnet yang berputar memproduksi sebuah arus pada kawat setiap kali sebuah kutub melewati kumparan. Lebih jauh lagi, nyatanya kutub utara dan selatan magnet ini menginduksi arus di arah yang saling berlawanan. Dan dengan menambah sebuah komutator, Pixii bisa mengubah arus bolak baik menjadi arus searah. Komutator inilah yang kemudan menjadi bahan dasar dari pembuatan genset yang ada pada saat ini.
rental genset jakarta
rental genset jakarta
Dan genset berasal dari kata generator dan set yang mana masing-masing kata bermakna dan jika digabungkan, kedua kata tersebut memiliki arti alat yang memproduksi energi listrik dari sumber mekanik yang biasanya berupa induksi elektromagnetik. Penyedia jasa rental genset Jakarta juga menjelaskan bahwa genset seringkali disebut sebagai satu set peralatan atau perangkat gabungan, karena terdiri dari dua gabungan perangkat yang berbeda, yakni engine dan generator.
Fungsi engine adalah sebagai alat pemutar, sedangkan fungsi generator adalah sebagai perangkat pembangkit listrik. Dan berdasarkan teknik pembuatannya, engine difungsikan sebagai alat pemutar rotor pada genset sehingga menghasilkan medan magnet di dalam kumparan stator genset. Setelah itu, akan terjadi interaksi diantara stator dan rotor sehingga terjadilah aliran arus listrik.
rental genset jakarta
rental genset jakarta

Berdasarkan sistem krja yang terjadi pada genset untuk menghasilkan listrik, maka PT Quality Technic, penyedia jasa rental genset Jakarta menjelaskan bahwa genset tergolongf ke dalam mesin yang bersistem pembakaran yang mana mesin dengan bahan bakar solar maupun bensin ini akan mengubah energi bahan bakar menjadi energi mekanik, kemudian energi mekanik tersebut akan diubah menjadi daya listrik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Tepat Mengisi Ulang Bahan Bakar Diesel Generator

Edward Chang - Tips Tumbuh Sebagai Seorang Pengusaha

Sewa AC Di Balikpapan, PT Quality Technic Jawabannya