Bagaimana Cara Memperbaiki Mesin Genset Diesel Yang Mati?

rental genset murah
rental genset murah
Saat ini, kebutuhan akan genset sudah semakin meluas, khususnya di kalangan masyarakat yang memiliki usaha rumahan. Dengan adanya genset, kebutuhan darurat akan listrik akan dapat teratasi. Namun sayangnya, masih kurang terjadi sosialisasi serta wawasan bagi para pemilik genset untuk mengatasi masalah genset yang digunakan mati dan tidak bisa dihidupkan sama sekali.

Untuk itu, dalam kesempatan kali ini penyedia jasa rental genset murah, PT Quality Technic akan memberikan ulasan tentang cara memperbaiki mesin genset diesel yang mati. Namun, sebelum membahas cara untuk memperbaiki mesin genset diesel yang mati lebih lanjut, PT Quality Technic, perusahaan penyedia jasa rental genset murah di Jakarta dan sekitarnya akan lebih dulu menjelaskan mengenai penyebab genset rusak, macet dan mati.
Masalah umum yang seringkali terjadi pada genset dengan mesin diesel adalah terjadinya kerusakan pada rotor pembangkit arus listrik yang menyebabkan arus listriknya menjadi naik turun. Yang mana sebenarnya kerusakan ini bisa diatasi sendiri tanpa perlu bantuan seorang mekanik handal, yang terpenting adalah pahami cara memeriksanya. Berikut ini adalah beberapa langkah awal yang harus Anda lakukan lebih dulu menurut penyedia jasa rental genset murah, Quality Technic. Yakni :
rental genset murah
rental genset murah
·         Periksa busi pada mesin genset.
·         Periksa karburator mesin.
·         Periksa filter udara.
·         Periksa tangki bahan bakar mesin genset, apakah terdapat bercak air yang tercampur bersama genset.
·         Bagian yang paling vital adalah periksa rotor dan stator, apakah rotor dan stator masih dalam keadaan normal.
·         Periksa dioda zener pada kumparan dinamo rotor mesin genset Anda, yang mana biasanya ketika mesin genset diesel mati, dioda zener dalam keadaan melemah.
Setelah melakukan beberapa langkah tersebut, maka selanjutnya kita akan berlanjut pada cara untuk memperbaiki mesin genset diesel yang mati total. Penyedia jasa rental genset murah, Quality Technic mengatakan bahwa banyak kasus yang ditemui pada mesin genset dimana salah satu yang paling tidak terduga adalah mesin genset yang lama tidak digunakan dan dibiarkan saja tanpa pemanasan sama sekali.
Dan hasilnya adalah mesin tersebut menjadi tidak bisa menyala, rusak dan mati total. Biasanya faktor penyebab mesin genset tersebut mati total terletak pada bagian karbulator dan piston yang sudah mengembun dan karatan. Sehingga sangat penting untuk melakukan perawatan serta perbaikan yang rutin secara berkala. Berikut ini adalah langkah perbaikan mesin genset yang bisa Anda lakukan. Yakni :
·         Buka busi dari tempatnya.
·         Masukan sedikit oli dengan kekentalan SAE 10.
·         Gerakan mesin dengan mengengkolnya agar gerakan piston lancar dan tidak cacat akibat karat.
·         Jika piston sudah lancar, maka Anda bisa memasukkan sedikit bahan bakar bensin kedalam ruang bakar.
·         Pasang busi pada posisi semula.
·         Coba hidupkan dan biasanya akan terdapat gumpalan asap yang tebal.
·         Hidupkan mesin hingga asap dan getaran mesin menjadi halus.
·         Coba nyalakan mesin genset Anda.
rental genset murah
rental genset murah
Ada tips penting yang perlu Anda perhatikan dari PT Quality Technic, perusahaan rental genset murah di Jakarta dan sekitarnya. Yakni ingatlah sebelum Anda menghidupkan genset, periksa dulu mcb atau saklar on-off, apakah sudah stabil atau belum. Jika ada kerusakan pada saklar tersebut dan Anda tidak memperbaikinya, maka hal ini bisa menimbulkan konsleting dan sangat berbahaya. Akibatnya mesin genset bisa terbakar dan menimbulkan ledakan besar. Karena itulah, Anda perlu berhati-hati.

Demikianlah tips dan langkah memprbaiki mesin genset diesel yang mati total serta tidak stabil sesuai kondisi dan langkah perbaikannya. Penyedia jasa rental genset murah, PT Quality Technic juga berpesan, jangan lupa untuk mengatur arus listrik pada genset. Karena Anda bisa menyesuaikannya dengan kondisi penggunaan yang diperlukan. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Tepat Mengisi Ulang Bahan Bakar Diesel Generator

Edward Chang - Tips Tumbuh Sebagai Seorang Pengusaha

Sewa AC Di Balikpapan, PT Quality Technic Jawabannya