Cara Aman Dalam Mengoperasikan Dan Menggunakan Genset!

sewa genset balikpapan
sewa genset balikpapan
Penggunaan genset belakangan ini memang sudah menjadi salah satu kebutuhan untuk mengatasi masalah pamadaman listrik yang seringkali dilakukan oleh PLN, baik diinfokan maupun tidak. Namun sayangnya, banyak dari para pengguna genset yang kurang paham dengan cara penggunaan genset yang aman.

Untuk itu, dalam kesempatan ini, PT Quality Technic, perusahaan yang menawarkan jasa sewa genset Balikpapan akan memberikan inormasi terkait cara menggunakan genset agar aman saat digunakan. Namun, sebelum membahasnya lebih lanjut, ada baiknya jika Anda mengenal sedikit masalah keamanan yang perlu diwaspadai dari penggunaan genset. Seperti :
Masalah pertama yang harus Anda perhatikan dalam penggunaan henset adalah kandungan CO atau karbon monoksida dari asap yang dikeluarkan dari knalpot genset, yang mana bisa menyebabkan keracunan. Perusahaan yang menawarkan layanan sewa genset Balikpapan, Quality Technic mengatakan bahwa kesalahan dalam penggunaan genset ini bisa menyebabkan pengguna keracunan karbon monoksida. Karena itulah, Anda harus menghindarinya.
sewa genset balikpapan
sewa genset balikpapan
Karena gas CO atau karbon monoksida tidak berbau dan tidak terlihat, guna menghindari terjadinya keracunan, maka Anda perlu menginstal CO detector. Alat tersebut bisa memberikan peringatan jika kandungan CO mengalami peningkatan.
Ada baiknya untuk tidak menggunakan genset di dalam ruangan maupun di luar ruangan yang dekat dengan jendela atau ventilasi udara karena bisa menyebabkan kandungan gas CO masuk kedalam ruangan. Serta perhatikan juga untuk selalu menjaga aliran udara yang keluar dari genset.
Jika Anda menggunakan genset untuk cadangan listrik darurat di rumah, maka saat genset dinyalakan namun Anda tiba-tiba saja merasa pusing, flu maupun sakit, maka cepatlah keluar dari dalam ruangan. Karena menurut PT Quality Technic, perusahaan penyedia jasa sewa genset Balikpapan ada kemungkinan terjadi sesuatu yang salah pada udara di ruangan Anda dan diakibatkan oleh genset.
Jika Anda sudah tahu apa saja yang perlu diwaspadai saat menggunakan genset, maka sekarang adalah waktunya untuk menggunakan genset yang benar agar hal yang diwaspadai tersebut tidak akan terjadi pada Anda. Yakni :
Pada saat Anda menggunakan genset, ada baiknya letakkan genset pada tempat yang cukup jauh darih rumah, minimal dinyalakan di luar ruangan agar gas CO tidak masuk kedalam rumah Anda. Selain itu, hidupkan genset dibawah kanopi yang terbuka.
Selanjutnya, pastikan jika pemutus aliran listrik bisa Anda jangkau dengan mudah. Hal ini bermanfaat jika terjadi konsleting listrik, kebakaran maupun hal lain yang tidak diinginkan terjadi pada genset, Anda bisa dengan mudah memutus aliran tersebut sebelum hal yang tidak diinginkan tersebut semakin sulit dikendalikan.
PT Quality Technic, perusahaan penyedia jasa sewa genset Balikpapan mengatakan, jika Anda memiliki stok bahan bakar yang akan digunakan genset, maka simpan bahan bakar tersebut dalam wadah penyimpanan yang aman atau yang memang khusus dirancang untuk menyimpan bahan bakar. Serta jangan menyimpan bahan bakar berdekatan dengan genset yang sedang menyala, karena hal tersebut bisa memicu kebakaran.
sewa genset balikpapan
sewa genset balikpapan
Gunakan bahan bakar yang direkomendasikan pada buku panduan manual untuk penggunaan genset, yang mana biasanya sudah teradapat pada saat menyewa maupun membeli genset.
Saat Anda ingin mengisi bahan bakar, maka jangan pernah mengisinya saat genset sedang menyala. Perusahaan sewa genset Balikpapan, Quality Technic menyarankan Anda untuk memiliki alat pemadam kebakaran yang terisi penuh dan disimpan berdekatan dengan genset.

Itulah beberapa cara aman menggunakan genset untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga artikel yang disampaikan oleh PT Quality Technic, perusahaan sewa genset Balikpapan ini bisa bermanfaat serta membantu Anda dalam melakukan pencegahan. Karena lebih baik mencegah dibanding mengobati bukan? 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Tepat Mengisi Ulang Bahan Bakar Diesel Generator

Edward Chang - Tips Tumbuh Sebagai Seorang Pengusaha

Sewa AC Di Balikpapan, PT Quality Technic Jawabannya