Masalah Pada Mesin Penyebab Tegangan Genset Tidak Stabil!

sewa genset balikpapan
sewa genset balikpapan
Kenapa tegangan genset naik-turun atau tidak stabil?
Apa yang menjadi penyebab tenganan genset tidak stabil?
Bagaimana cara memperbaiki voltase genset yang tidak stabil?
Pertanyaan ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul dan disampaikan oleh para pengguna genset saat menghadapi masalah tegangan output genset yang tidak stabil sehingga kinerjanya menjadi kurang optimal. Seperti yang kita ketahui, genset merupakan mesin atau perangkat mesn yang bisa menghasilkan tegangan dengan besaran yang tetap atau stabil.

PT Quality Technic, penyedia jasa sewa genset Balikpapan menjelaskan, tegangan yang dihasilkan oleh genset biasanya 220 volt-fase dengan netral dan 380 volt-antara vase dengan fase untuk genset AC 3 phase.
Berbagai masalah yang mungkin terjadi pada genset sendiri diantaranya adalah tegangan tidak keluar dan tidak stabil. Jika tegangan output genset tidak stabil, hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan pada perangkat eletronik yang digunakan. Oleh karena itu, menurut penyedia jasa sewa genset Balikpapan, Anda perlu melakukan perbaikan jika tegangan genset tidak stabil.
sewa genset balikpapan
sewa genset balikpapan 
Agar bisa mengambil tindakan perbaikan yang tepat, maka Anda hatus memastikan lebih dulu apa yang menjadi penyebab tegangan genset tidak stabil. Menurut PT Quality Technic, perusahaan penyedia jasa sewa genset Balikpapan, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan tegangan genset menjadi tidak stabil. Dan faktor penyebabnya adalah masalah pada mesin genset tersebut.
Putaran Mesin Genset Tidak Stabil
Coba perhatikan suara mesin genset saat dioperasikan, apakah suaranya normal atau suara mesinnya tidak stabil. Jika suara mesin genset tidak normal, maka bisa jadi kecepatan putaran mesin tersebut juga tidak stabil. Untuk itu, penyedia jasa sewa genset Balikpapan, PT Quality Technic menyarankan Anda untuk memastikan putaran mesin dalam keadaan normal pada putaran 1500 rpm.
Jika dalam kecepatan putaran mesin tidak normal, melebihi maupun kurang dari 1500 rpm, hal inilah yang menyebabkan tegangan genset juga menjadi tidak stabil. Hal tersebut juga berhubungan dengan masalah bahan bakar. Jika bahan bakar sudah dipastikan dalam keadaan bagus, namun putaran mesin masih tidak normal, maka pastikan pengatur bahan bakar berfungsi secara otomatis. Sehingga masuknya bahan bakar ke mesin genset diatur secara otomatis oleh suatu alat yang disebut dengan governor.
sewa genset balikpapan
sewa genset balikpapan 
Masalah Pada Governor Genset

Governor pada genset bekerja berdasarkan putaran mesin genset, jika putaran mesin kurang maka governor akan terbuka agar bahan bakar yang masuk menjadi lebih baik. Jika putaran sudah melebihi putaran normal mesin, maka governor akan memperkecil bahan bakar yang masuk ke genset. Penyedia jasa sewa genset Balikpapan, Quality Technic menjelaskan bahwa governor yang rusak juga bisa menyebabkan putaran mesin menjadi tidak normal sehingga menyebabkan tegangan genset menjadi tidak stabil.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Tepat Mengisi Ulang Bahan Bakar Diesel Generator

Edward Chang - Tips Tumbuh Sebagai Seorang Pengusaha

Sewa AC Di Balikpapan, PT Quality Technic Jawabannya