Mesin Genset Mengalami Overheat? Waspadai Hal Ini!

sewa genset cikarang
sewa genset cikarang
Sekalipun merupakan sebuah mesin, namun tetap saja mesin memiliki batasan putaran tertentu untuk bekerja. Pun begitu dengan penggunaan mesin genset rumahan, idustri, genset silent dan jenis lainnya yang mana dalam keadaan normal genset biasanya masuk dalam kategori medium speed atau kecepatan menengah dengan kecepatan durasi putaran sekitar 1500 sampai 1800 rotasi permenit atau RPM. Akan tetapi, menurut penyedia jasa sewa genset Cikarang, pada suatu keadaan tertentu, sebuah mesin bisa mengalami putaran berlebih sehingga mengalami overspeed.

Overspeed sendiri merupakan suatu keadaan dimana mesin genset mengalami peningkatan kecepatan putaran dari batas normal. Dan untuk mendeteksi apakah mesin genset Anda mengalami overspeed ataukah tidak, penyedia jasa sewa genset Cikarang, Quality Technic mengatakan bahwa Anda bisa melakukan pengecekan terhadap frekuensi suara mesin yang dihasilkan.
 Jika terdengar frekuensi suara kebisingan yang terus meningkat, maka bisa dipastikan bahwa mesin genset Anda mengalami overspeed dan menjadi tidak terkendali, bahkan bisa meledak tanpa terduga.
Akibat dari putaran mesin yang sangat cepat dan melebihi batas aman, maka lama-kelamaan komponen yang ada di dalam mesin akan mengalami tekanan yang hebat dan pada akhirnya akan mengalami kerusakan, seperti patah dan pecah.
sewa genset cikarang
sewa genset cikarang
PT Quality Technic, penyedia jasa sewa genset Cikarang menjelaskan bahwa bahayanya, komponen yang pecah tersebut akan terlempar dengan kecepatan yang sangat cepat hingga menyamai peluru. Sehingga berujung menghancurkan komponen satu dengan komponen lainnya pada mesin genset Anda secara berurutan.
·         Penyebab Overhead
Umumnya, penyebab terjadinya overheat yang paling umum dan sering adalah terdapat beberapa gangguan pada sistem injeksi BBM. Gangguan ini disebabkan oleh mekanisme sistem yang sudah mau habis atau bisa juga karena BBM yang dimasukan sudah kotor atau tercampur air. Karena seperti yang diketahui, menurut penyedia jasa sewa genset Cikarang, air bisa mengakibatkan proses korosi atau karat pada besi.
Dan dalam kasus ini, air yang tercampur dengan BBM bisa menimbulkan karat pada plunger sistem injeksi. Sehingga akibatnya adalah kotoran dari karat tersebut menjadi tercampur dan menyebabkan kinerja plunger macet serta volume bahan bakar yang masuk ke dalam ruang bakar menjadi tida terkendali.
sewa genset cikarang
sewa genset cikarang
·         Cara Mengatasi Overspeed
Bagi Anda yang belum mengetahui cara menanggulangi masalah overspeed pada genset, maka penyedia jasa sewa genset Cikarang, Quality technic akan menjelaskannya kepada Anda dengan membagikan beberapa informasi mengenai cara cepat untuk mengatasinya. Yakni menghentikan dan tutup pasokan BBM pada mesin melalui kran value bahan bakar serta menutup lubang intake filter udara sampai mesin menjadi kedap udara dan mati.

Untuk itulah, PT Quality Technic, penyedia jasa sewa genset Cikarang berpesan untuk selalu memastikan dan memperhatikan setiap BBM yang Anda beli sesuai dengan kebutuhan mesin genset Anda. Juga jangan luopa memastikan bahwa BBM tersebut murni dan bersih dari berbagai campuran yang ada. Selalu lakukan perawatan secara rutin dan berkala untuk mesin genset Anda. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dan sampai jumpa di lain kesempatan!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Tepat Mengisi Ulang Bahan Bakar Diesel Generator

Edward Chang - Tips Tumbuh Sebagai Seorang Pengusaha

Sewa AC Di Balikpapan, PT Quality Technic Jawabannya