Punya AC Split ? Ini Perawatannya !

Hal terpenting yang harus diperhatikan saat memiliki AC adalah perawatannya, sekalipun sudah banyak jasa sewaAC yang menawarkan penyewaan AC sementara sehingga Anda tidak perlu memikirkan perawatannya, tetap saja untuk AC yang menjadi milik sendiri Anda  harus merawatnya dengan baik. 

Memastikan seluruh komponen AC selalu dalam perawatan adalah salah satu cara agar AC bekerja optimal dan kualitas kesejukannya juga maksimal. AC yang jarang dibersihkan juga menjadikan seluruh sistem tidak bekerja dengan lancar, alhasil terjadi hambatan dalam sirkulasi udaranya. Jika perawatan dilakukan secara berkala maka AC akan bertahan lama dan awet.

Sewa AC - Quality Technic
Sewa AC - Quality Technic

 Ada dua proses pembersihan AC, yaitu “Kecil” dilakukan untuk unit bagian dalam (indoor), misalnya filter dan penutup AC, dan yang “Besar” mencakup komponen Indoor (evaporator-nya) dan bagian luar (outdoor). Pembersihan kecil bisa dilakukan sesering mungkin, misalnya dua minggu. Pembersihan besar cukup dilakukan tiga bulan sekali.

Untuk alat dan bahan perawatan Anda memerlukan Alumunium cleaner (Applied),  Kuas, Obeng Kembang,Tang kombinasi, Selotip, Plastik, Selang air, Ember, Kain lap, Sprayer. Peralatan yang dibutuhkan terbilang lengkap, jika Anda tidak memilikinya Anda bisa memanggil jasa service saja. Untuk sewa AC pada dasarnya memang lebih praktis ( untuk kebutuhan sementara ) karena untuk perawatan Anda tidak terlalu wajib memikirkan.

Berikut langkah-langkah pengerjaannya,
  1. Buka seluruh penutup Indoor unit, dengan cara melepaskan baut penutup, menekan pengancing, lantas menarik penutupnya.
  2. siapkan plastik pelindung untuk melapisi bagian sisi unit. Lapisan ini untuk melindungi panel kontrol AC dan tidak mengotori dinding.
  3. Siapkan cairan pembersih elemen alumunium AC. Campurkan dengan air-perbandingan air Applied 1:1. Oleskan cairan dengan kuas searah elemen kisi-kisi evaporator
  4. Biarkan lima menit agar cairan bekerja maksimal sewaktu mengangkat debu karat, Semprot dengan air tekanan, Caranya dengan menutup sebagian ujung selang dengan ibu jari atau menggunakan sprayer sampai tak terlihat busa.
  5. Untuk bagian blower tersiram air, semprot air sambil memutar-metarnya dengan jari agar semua bagian blower tersiram bersih. lalu lubang pembuangan dibersihkan dengan pipet yang di tiup-tiup.
  6. Keringkan unit indoor sebelum dipasang kembali.
Untuk pemeriksaan dan perawatan rutin, berikut adalah tata caranya,
Bagian indoor unit

1. Kontrol dan bersihkan saringan udara apabila saringan tersebut kotor penuh debu ataupun lumut
2. Pemeriksaan kedudukan terhadap dinding, jangan sampai kendor ataupun miring, jika miring ada resiko kebocoran karena air tidak mengalir ke saluran pembuangan.
3. Periksa terminal rangkaian, biasanya apabila terlalu lama menyala ACnya terminal akan panas dan meleleh sangat beresiko terjadinya hubungan arus pendek

Sewa AC - Quality Technic
Sewa AC - Quality Technic

Bagian Outdoor unit
  1. Periksa High preasure dan Low Preasure, jika tekanan semakin hari semakin berkurang ada kemungkinan terjadi kebocoran pada instalasi pipa.
  2. Periksa arus, sesuaikan dengan standarnya.
  3. Periksa kisi –kisi, usahakan jangan sampai penuh dengan debu atau kotoran
Demikian adalah perawatan untuk AC Split, jika Anda membaca dengan seksama maka beberapa cara juga berlaku untuk jenis AC lain. Untuk Anda yang memerlukan AC standing untuk event dengan ruangan besar, sekarang tidak perlu mengeluarkan budget besar untuk pembelian dan perawatan. Cukup hubungi Quality Technic sebagai jasa sewa AC terbaik di Indonesia. Baca juga informasi AC VRV disini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Tepat Mengisi Ulang Bahan Bakar Diesel Generator

Edward Chang - Tips Tumbuh Sebagai Seorang Pengusaha

Sewa AC Di Balikpapan, PT Quality Technic Jawabannya