Sewa Genset Balikpapan - Cara Melakukan Penggantian Oli Mesin Genset!

sewa genset balikpapan
sewa genset balikpapan

Oli merupakan salah satu dari beberapa komponen genset yang memerlukan penggantian secara berkala. Yang mana tujuannya adalah agar nantinya genset tetap bisa digunakan dan mesin genset bisa bertahan lebih lama. Menurutpenyedia jasa sewa genset Balikpapan, PT Quality Technic, idealnya oli mesin harus diganti secara berkala setiap 20 sampai 500 jam setelah beroperasi.

Namun, jumlah ini tergantung dari kapasitas daya yang dimiliki oleh genset. Penggantian ini perlu dilakukan karena pemanfaatan oli sebagai pelimas mesin membawa banyak dampak positif bagi mesin genset. Seperti :
·         Mesin menjdi tidak mudah aus atau panas karena reaksi pembakaran yang terjadi sangat sempurna. Terlebih ketika cairan oli benar-benar dikontrol secara berkala.
·         Komponen yang ada di dalam mesin tidak akan mudah lepas maupun berkarat, karena komponen tersebut akan dilumasi dengan cairan yang membuat komponen mesin menjadi lebih tahan lama.
·         Getaran keras yang ditimbulkan pada mesin genset tipe silent maupun open bisa diminimalisir saat oli mesin terpelihara dan diganti secara berkala.
sewa genset balikpapan
sewa genset balikpapan
Terkait beberapa manfaat oli diatas, PT Quality Technic, penyedia jasa sewa genset Balikpapan mengatakan, jika Anda ingin menggantinya maka pastikan jika Anda sudah mengikuti prosedur keamanan seperti :
1.       Mesin Dalam Keadaan Mati
Pada saat Anda hendak mengisi oli, maka pastikan jika mesin genset benar-benar dalam keadaan mati dan tidak ada alat yang bisa menyebabkan konsleting agar keamanan saat penggantian oli menjadi lebih terjamin.
2.       Tidak Ada Benda Korosif Disekitarnya
Pada saat Anda akan memasukan cairan oli yang baru, maka pastikan bahwa tidak ada benda yang bersifat korosif atau karat di permukaan mesin yang akan mengkontaminasi oli. Karena hal tersebut dikhawatirkan akan menghambat kinerja oli mesin dalam meminimalisir pemanasan berlebih pada mesin.
3.       Area Sekitar Mesin Steril
Ketika Anda berniat untuk mengisi oli pada mesin genset, maka pastikan area di sekitar tempat pengisian oli steril. Dalam artian tidak ada benda ataupun debu yang tercecer serta pastikan lantai dekat genset tidak dalam keadaan licin agar tidak mengganggu proses pengisian.
Agar Anda tidak merasa pusing maupun tercekik dengan bau oli, maka ada baiknya gunakan masker dan sarung tangan saat melakukan pengisian oli.
4.       Gunakan 1 Jenis Oli
Satu hal yang harus Anda perharkan saaat menggunakan oli sebagai pelumas mesin genset adalah oli yang diisikan sebelumnya haruslah sama atau dengan kata lain menggunakan 1 jenis oli mesin saja. Jangan mencoba menggantiny dengn brand yang lain apalagi mencampirnya.
Karena hal tersebut dikhawatirkan bisa merusak kestabilan tekanan yang dihasiljkan cairan oli sat melumnasi komponen mesin.
Oleh karena itu, penyedia jasa sewa genset Balikpapan, PT Quality Technic berpesan kepada Anda, saat membeli maupun menyewa sebuah mesin genset jangan lupa tanyakan pada pihak penyedua tentang oli apa yang umumnya digunakan sebagai pelumas.
sewa genset balikpapan
sewa genset balikpapan
5.       Perlengkapan Pengganti Oli Lengkap
Saat Anda ingin meminta teknisi untuk mengganti oli, maka pastikan alat yang tersedia untuk posedur penggantian oli lengkap. Mulai dari wadah untuk oli kotor, corong pengisi dengan filter, koran bekas dan kunci untuk membuka genset.
Itulah cara melakukan penggantian oli pada mesin genset yang dapat disampaikan serta dijelaskan oleh PT Quality Technic, penyedia jasa sewa genset Balikpapan. Namun, jika Anda merasa tidak yakin untuk melakukan penggantian oli mesin genset sendiri, maka hubungi pihak penjual atau penyedia jasa sewa untuk mengirimkan teknisinya guna membantu Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Tepat Mengisi Ulang Bahan Bakar Diesel Generator

Edward Chang - Tips Tumbuh Sebagai Seorang Pengusaha

Sewa AC Di Balikpapan, PT Quality Technic Jawabannya