Sewa AC Portable - Menentukan Kebutuhan PK AC Berdasarkan Luas Ruangan!

sewa ac portable
sewa ac portable

Penyejuk udara atau dalam bahasa Inggris disebut Air Conditioner merupakan mesin yang dirancang untuk menjaga kestabilan suhu udara serta kelembaban dalam suatu area.
Menurut penyedia jasa sewa AC portable, PT Quality Technic, perangkat elektronik yang satu unu memang sering ditemukan dalam ruangan tertutup.  Namun, apakah PK AC yang Anda pilih saat ini sudah sesuai dengan besar ruangan?

Saat memutuskan untuk membeli AC, mungkin yang Anda ketahui secara umum adalah semakin besar ukuran PK AC maka suhu udara yang dihasilkan akan semakin dingin. Namun, sebenarnya hal tersebut merupakan kesalahan yang merugikan dalam pemilihan unit AC.
Misalnya saja Anda memilih AC dengan kapasitas 1/2 PK dan diletakkan pada ruangan yang terlalu luas, maka hasilnya adalah ruangan tidak dingin. Pun begitu halnya dengan pemilihan PK AC berukuran besar karena tidak mau pusing lalu diletakkan di ruangan yang kecil.
Tentunya ruangan menjadi dingin, namun Anda tidak luput dari pemborosan listrik. Sebenarnya, ada rumusan tersendiri untuk menghitung berapa besar PK AC yang cocok dengan luas ruangan sehingga Anda bisa membelu AC dengan kapasitas yang tepat.
sewa ac portable
sewa ac portable
Sebelum membahasnya lebih jauh, penyedia jasa sewa AC portable, PT Quality Technic akan lebih dulu menjelaskan mengenai 3 faktoir penting yang harus Anda ketahui. Yakni :
·         BTU/h - British Thermal Unit Per Hour
Bisa dikatakan sebagai daya pendingin AC karena BTU menyatakan kemampuan mengurangi panas atau mendinginkan ruangan dengan luas serta kondisi tertentu selama 1 jam.
·         Daya Listrik - Watt
Besarnya tenaga yang dibutuhkan ketika AC dalam kondisi menyala.
·         PK Kompresor
PK adalah sikngkatan Paarkdekracht dari bahasa Belanda yang berarti tenaga kuda, sedangkan dalam bahasa Inggrisnya adalah HP atau Horse Power. PK sendiri merupakan satuan daya pada kompresor AC, bukan daya pendingin AC.
Selanjutnya adalah rumus untuk menghitung kapasitas PK AC yang sesuai dengan besar ruangan. Yakni :
[Panjang (P) x Lebar (L)]x 500 BTU/h
Kalkulasi ini diasumsikan dengan tinggi ruangan standar di Indonesia, yakni 2,5 m sampai 3 m. Selain itu, perhitungan ini juga tidak memperhitungkan faktor eksternal lainnya, seperti banyaknya orang di dalam ruangan, seberapa sering pintu terubka serta tertutup dan lain sebagainya.
PT Quality Technic, penyedia jasa sewa AC portable menjelaskan bahwa hasil penghitungan ini akan menghasilkan angka dalam satuan BTU/h. Kemudian angka tersebut akan dicocokkan dengan kemampuan AC untuk mendinginkan ruangan dalam satuan BTU/h yang ada pada setiap AC.
Dan berikut ini adalah tabel daya pendingin AC berdasarkan PK yang bisa Anda sesuaikan dengan hasil yang didapatkan dari penghitungan rumus diatas.
sewa ac portable
sewa ac portable

Demikianlah pembahasan mengenai cara menentukan kebutuhan PK AC berdasarkan luas ruangan yang dapat disampaikan oleh PT Quality Technic, penyedia jasa sewa AC portable. Gunakanlah rumus ini sebelum Anda menentukan unit serta jumlah PK yang akan digunakan pada AC ruangan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Tepat Mengisi Ulang Bahan Bakar Diesel Generator

Edward Chang - Tips Tumbuh Sebagai Seorang Pengusaha

Sewa AC Di Balikpapan, PT Quality Technic Jawabannya