Rental Genset Balikapan - Apa Saja Hal Yang Harus Diperiksa Ketika Melakukan Perawatan Genset?

rental genset balikpapan
rental genset balikpapan

Kebutuhan genset dari tahun ke tahun semakin mengalami banyak permintaan, ditinjau dari pesatnya perkembangan industri yang memerlukan alat tersebut.
Dan PT Quality Technic, penyedia rental genset Balikpapan mengatakan bahwa genset adalah jawaban kebutuhan bagi pelaku industri jika PLN memadamkan aliran listrik secara bergilir atau saat mengalami gangguan teknis.

Genset dapat dijadikan sebagai daya listrik cadangan atau back up agar produksi industri tersebut tidak terhenti. Sehingga tidak menimbulkan kerugian bagi banyak pihak di industri tersebut.
Penyedia jasa rental genset, PT Quality Technic menjelaskan, generator set atau yang biasa disebut genset merupakan seperangkat alat yang dapat digunakan untuk dapat menghasilkan daya listrik. Genset sendiri merupakan kombinasi dari sistem Main Stator, Rotor, Exciter dan AVR atau Automatic Voltage Regulator.
Genset pertama kali dibuat pada tahun 1831 oleh Faraday dan Rudolph Diesel yang terus berevolusi sesuai dengan perkembangan jaman dan teknologi sekarang ini.
Genset pun harus terus dirawat agar kinerjanya selalu prima. Dan berikut ini adalah beberapa cara yang bisa diaplikasikan dalam perawatan genset. Yakni :
rental genset balikpapan
rental genset balikpapan
·         Letakkan Genset Di Tempat Kering
Genset akan berbahaya jika diletakkan di sembarang tempat, apalagi jika terkena air, genset bisa rusak bahkan menghantarkan aliran atau sengatan listrik.
·         Jaga Kebersihan Genset
Kebersihan genset harus dijaga degan membersihkan kotoran-kotoran yang menempel seperti debu, minyak dan lain-lain. Menjaga kebersihkan genset adalah hal yang penting untuk dilakukan agar genset tidak mudah rusak.
·         Mengganti Sparepart
Sparepart genset yang sudah aus atau termakan usia harus diganti agar tidak merembet ke bagian lainnya. Hal ini merupakan salah satu langkah penting dalam perawatan genset.
·         Adanya Sirkulasi Udara
Tempat peletakkan genset seharusnya memiliki srkulasi udara yang baik. Karena genset menghasilkan gas pembuangan dan jika sirkulasi ruangan tidak baik maka gas tersebut akan sangat berbahaya bagi kesehatan manusia dan genset akan menjadi cepat panas.
·         Periksa Bahan Bakar
Anda harus memastikan jika bahan bakar terisi penuh atau cukup agar genset bisa menyala dengan baik. Jika tangki bahan bakar kering, hal ini akan sangat berbahaya jika genset dinyalakan.
rental genset balikpapan
rental genset balikpapan
·         Lakukan Pemanasan Berkala
Penyedia jasa rental genset Balikpapan, PT Quality Technic mengatakan bahwa genset harus dipanaskan secara berkala agar performanya tetap prima. Nyalakan genset sekitar 5 sampai 10 menit setiap minggunya agat sistem pemanasan oli bisa berjalan dengan baik.
Perawatan genset dengan melakukan pemanasan wajib dilakukan agar genset siap digunakan kapanpun, terlebih untuk kondisi darurat.
·         Pastikan Pengoperasian genset
Sebelum mengoperasikan genset, maka ada baiknya jika Anda membaca lebih dulu buku pedomannya agar genset dapat dioperasikan dengan baik dan sesuai dengan prosedur serta SOPnya.
Perawatan genset multak diperlukan agat genset siap digunakan kapanpun. Padam atau putusnya aliran listrik dari PLN yang sering terjadi tiba-tiba, bahkan tanpa pemberitahuan membuat Anda harus siaga kapanpun.
Percuma saja jika Anda membeli genset dengan harga mahal namun tidak pernah dirawat. PT Quality Technic, penyedia jasa rental genset Balikpapan mengatakan bahwa perawatan genset tidak hanya membuat genset siap digunakan kapanpin, namun juga dapat memperpanjang usia genset.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Tepat Mengisi Ulang Bahan Bakar Diesel Generator

Edward Chang - Tips Tumbuh Sebagai Seorang Pengusaha

Sewa AC Di Balikpapan, PT Quality Technic Jawabannya