Sewa Genset Balikpapan - Kiat Menggunakan Genset Untuk Pemula


sewa genset balikpapan
sewa genset balikpapan
Sebenarnya tidak ada cara yang baku dalam mengoperasikan sebuah genset. Namin, bagaimana jika Anda menghadapi situasi dan kondisi tertentu yang membuat Anda harus mengoperasikan genset tersebut?

Karena menurut penyedia jasa sewa genset Balikpapan, PT Quality Technic, jika ingin mempelajari cara kerja mesin dan mengetahui fungsi-fungsi genset akan memerlukan waktu yang lama. Sementara genset harus segera dinyalakan.
Hal ini pastinya akan membuat Anda menjadi pahik karena tidak tahu harus memulai dari mana dan apa saja hal yang harus Anda lakukan. Namun, jangan khawatir, jika Anda mengalami situasi seperti ini.
Sekalipun Anda masih awam dalam mengoperasikan sebuah genset, Anda dipastikan tetap bisa mengoperasikan semua jenis genset. Namun, ada beberapa kiat sederhana yang harus Anda lakukan. Yakni :
1.       Bahan Bakar
Tahap awal dalam mengoperasikan sebuah genset adalah dengan memeriksa ketersediaan bahan bakar, kecuali genset Anda tidak menggunakan bahan bakar, melainkan baterai.
Dan untuk genset jenis portable biasanya menggunakan bahan bakar premium. Apabila bahan bakar habis, Anda bisa mengisinya kembali secukupnya, jangan terlalu penuh dan jangan terlampau sedikit.
sewa genset balikpapan
sewa genset balikpapan
2.       Oli Mesin
Tahap selanjutnya dalam kiat menggunakan genset untuk pemula yang disampaikan oleh penyedia sewa genset Balikpapan, PT Quality Technic adalah memastikan oli mesin genset yang dignakan sudah terisi penuh dan sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan.
Takaran oli tidak boleh terlalu melebihi kapasitas, karena akan menyebabkan genset Anda berjalan tidak normal seperti tersendat-sendat atau genset Anda menjadi tidak mau menyala.
Untuk tipe oli mesin, Anda bisa menggunakan sesuai dengan bawaan mesin atau Anda ingin menggantinya dengan brand lain. Namun, yang terpenting adalah jenisnya sesuai dengan jenis oli bawaannya.
3.       Konsisi Accu
Tahap ketiga, pastikan kondisi accu agar genset dapat berfungsi dengan baik. Guna mengetahuinya, pada saat Anda menghidupkan genset dengan stater, jika mesin langsung hidup maka accu dapat berfungsi dengan baik.
Namun jika sudah distater berkali-kali, mesin tidak kunjung menyala, berarti accu mengalami masalah. Dan Anda perlu membawa accu tersebut ke tempat penyetrum accu untuk mengisi listrik. Karena kemungkinan besar accu mengalai soak.
4.       Ohm Saklar
Sebelum Anda menghidupkan genset, maka pastikan jika Ohm Saklar untuk arus PLN sudah berada pada posisi off. Dan untuk arus gensetnya sudah berada pada posisi on. Hal ini berguna untuk menghindari kecelakaan kerja serta konsleting listrik.
Setelah Anda melakukan beberapa langkah dan kiat diatas dan sudah dipastikan jika genset berada dalam kondisi yang baik. Maka selanjutnya Anda sudah bisa menyalakan genset dengan beberapa cara berikut ini :
sewa genset balikpapan
sewa genset balikpapan
·         Pastikan choke genset Anda sudah ada pada posisi ON untuk mempercepat genset menyala saat dihidupkan. Biasanya choke berada di dekat karburator dan memiliki logo segitiga.
·         Lalu pastikan posisi tuas choke berada di puncak logo segitiga.
·         Pastikan juga saklar mesin atau engine switch sudah berada pada posisi on.
·         Terakhir, pastikan tuas pengatur udara berada di posisi ON.
Demikianlah kiat menggunakan genset ntuk para pemula yang dapat disampaikan oleh PT Quality Technic, penyedia jasa sewa genset Balikpapan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Tepat Mengisi Ulang Bahan Bakar Diesel Generator

Edward Chang - Tips Tumbuh Sebagai Seorang Pengusaha

Sewa AC Di Balikpapan, PT Quality Technic Jawabannya