Sewa Genset Balikpapan - Pentingnya Peran Panel ATS!

sewa genset balikpapan
sewa genset balikpapan

Sumber listrik utama di Indonesia berasal dari Perusahaan Listrik Negara atau PLN. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa listrik di Indonesia sangat bergantung pada PLN. Namun sayangnya, PLN tidak dapat dikatakan sempurna, karena sesekali bisa saja terjadi pemadaman listrik.

Oleh karena hal inilah, PT Quality Technic, penyedia jasa sewa genset Balikpapan mengatakan bahwa beberapa perusahaan menggunakan genset atau generator set untuk membackup kebutuhan akan listriknya.
Genset sendiri merupakan sebuah mesin yang dapat menghasilkan energi listrik. Ketika aliran listrik dari PLN padam atau terputus, maka genset akan diandalkan untuk menggantikan aliran listrik dari PLN> Dengan hadirnya genset, maka perusahaan ataupun industri tidak perlu lahi khawatir dengan pemadaman listrik secara mendadak dari PLN.
Namun, penggunaan genset bukan berarti menjawab semua permasalahan yang ada saat aliran listrik dari PLN terputus atau padam. Karena menurut penyedia jasa sewa genset Balikpapan, PT Quality Technic, ada masalah yang muncul berikutnya, yakni kapan hars bersiap untuk menyalakan genset?
sewa genset balikpapan
sewa genset balikpapan
Masalah ini adalah masalah yang umum terjadi, karena pemadaman listrik yang dilakukan oleh PLN memang tidak bisa diprediksi kapan terjadi . Sebenarnya memang lebih baik jika ada pemberitahuan dari PLN, namun apakan pemberitahuan tersebut bisa rutin di dapatkan?
Tidak jarang beberapa perusahaan besar maupun industro membayar karyawan hanya untuk standby jika aliran listrik padam dan harus segera menyalakan genset. Hal ini tentu tidak efisien dan efektif. Karena sudah seharusnya genset dilengkapi dengan alat yang dapat memberikan sinyal untuk menyala dan beroperasi.
Dan alat yang dimaksud adalah ATS, yakni kepanjangan dari Automatic Transfer Switch. ATS sendiri merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk menghidupkan serta mematikan genset secara otomatis. Cara kerjanya juga cukup sederhana, jika aliran listrik mengalami pemadaman, maka ATS akan memberikan perintah kepada genset untuk menyala.
Pun begitu sebaliknya, jika aliran listrik dari PLN terhubung maka genset akan mati. Menurut penyedia jasa sewa genset Balikpapan, genset yang disinkronasikan dengan ATS tentu akan memberikan kemudahan bagi perusahaan serta industri.
sewa genset balikpapan
sewa genset balikpapan
Karena ATS ini akan bekerja secara otomatis untuk memindahkan distribusi sumber listrik utama yang dalam hal ini adalah PLN dan genset. Jika aliran listrik PLN terputus, PT Quality Technic, penyedia jasa sewa genset Balikpapan mengatakan, maka gensetlah yang akan menjadi sumber listrik utamanya.
Dan jika aliran listrik dari PLN sudah kembali normal, maka sumber listrik utama akan dipindahkan lagi secara otomatis ke PLN. Maka dari itu, dengan adanya ATS, genset dapat menggantikan peran dari listrik PLN hanya dalam hitungan detik atau menit saja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Tepat Mengisi Ulang Bahan Bakar Diesel Generator

Edward Chang - Tips Tumbuh Sebagai Seorang Pengusaha

Sewa AC Di Balikpapan, PT Quality Technic Jawabannya