Sewa Genset Cikarang - Inilah Komponen-Komponen Utama Pada Genset!


sewa genset cikarang
sewa genset cikarang
Genset atau generator set adalah sebuah perangkat yang dewasa ini sangat dibutuhkan dalam dunia industri maupun rmah tangga. Karena seperti yang kiota ketahui, pasokan listrik di Indonesia belum menyebar secara menyeluruh ke semua wilayah.

Selain itu, penyedia jasa sewa genset Cikarang mengatakan bahwa listrik di Indonesia juga dikenal sering mengalami pemadaman. Karena itulah genset sangat diperlukan keberadaannya, yakni guna mensiasati kondisi tersebut.
Selain itu, alasan lainnya adalah karena genset mampu menghasilkan listrik hanya dengan bahan bakar bensin maupun solar. Biasanya untuk genset dengan kapasitas yang kecil menggunakan bahan bakar bensin, sedangkan genset dengan kapasitas daya yang besar menggunakan bahan bakar solar. Dan dalam kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai komponen-komponen utama di dalam genset yang perlu diketahui. Sebenarnya, komponen-komponen utama pada sebuah genset sebenarnya dibagi menjadi 2 bagian, yakni mesin dan altenator. Berikut adalah penjelasannya.
sewa genset cikarang
sewa genset cikarang
1.       Mesin
Merupakan penggerak untuk genset agar dapat beroperasi. Sama halnya seperti mobil, mesin merupakan komponen vital dalam sebuah genset. Dimana genset dengan mesin yang besar biasanya memiliki kapasitas daya yang besar juga.
Untuk itu, sebelum membeli genset maka pastikan dulu bahan bakar yang digunakan pada mesin genset tersebut. Bensin ataukah solar. Namun, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika kapasitas daya listrik genset kecil umumnya menggunakan bahan bakar bensin, sedangkan jika kapasitasnya besar menggunakan bahan bakar solar.
2.       Altenator
Adalah komponen pada genset yang mampu untuk menghasilkan output listrik dan kemudian disalurkan oleh mesin. terdapat berbagai komponen pada altenator yang dapat membuat gerakan realtif antara medan magnet dan listrik. Komponen pada altenator pun dibagi menjadi dua, yakni :
·         Stator
Penyedia jasa sewa genset Cikarang, PT Quality Technic menjelaskan bahwa pada stator terdapat kumparan kawat yang bisa memotong medan magnet pada saat genset berputar. Sejatinya stator hanya diam dalam arti tidak bergerak atau berputar.
sewa genset cikarang
sewa genset cikarang
·         Rotor
Adalah komponen yang bergerak dan dengan gerakan tersebut mampu menghasilkan medan magnet. Rotor bergerak dengan 3 cara, yaitu dengan induksi, dengan magnet permanen serta dengan menggunakan exciter.
Rotor yang bergerak di sekitar stator akan menghasilkan medan magnet yang menginduksi tegangan perbedaan antara gulungan stator. Hal ini akan menghasilkan arus bolak-balik atau arus AC dari genset.
Itulah dua komponen utama pada sebuah mesin genset yang dapat disampaikan serta dijelaskan oleh PT Quality Technic, penyedia jasa sewa genset Cikarang. Sebenarnya, selain kedua komponen utama tersebut ada banyak komponen-komponen pendukung lainnya, karena genset terdiri dri berbagai rangkaian yang menyatu sehingga mampi menghasilkan listrik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Tepat Mengisi Ulang Bahan Bakar Diesel Generator

Edward Chang - Tips Tumbuh Sebagai Seorang Pengusaha

Sewa AC Di Balikpapan, PT Quality Technic Jawabannya