Sewa Genset Cikarang - Peran Genset Dan UPS Untuk Memenuhi Kebutuhan Listrik

sewa genset cikarang
sewa genset cikarang

Bukan rahasia lagi jika kualitas listrik di Indonesia tidak begitu baik, selain tidak stabil, listrik yang dipasok oleh PLN juga sangat rawan mengalami pemadaman. Bahkan menurut PT Quality Technic, penyedia jasa sewa genset Cikrang, tidak hanya di desa mengalaminya, tapi juga di kota besar.

Pemadaman ini terkadang dilakukan dengan pemberitahuan, tapi umumnya dilakukan tanpa pemberitahuan. Guna mengantisipasi hal tersebut, banyak perusahaan atau perorangan yang menyiapkan alat untuk membackup listrik.
Dikalangan industri misalnya, genset memiliki peran vital saat terjadi pemadaman listrik. Genset bisa mengalirkan listrik untuk dioperasikan menggunakan bahan bakar solar maupun bensin.
Namun, salah satu kelemahan dari genset adalah saat terjadi pemadaman, maka perangkat elektronik akan ikut mati beberapa saat sampai genset benar-benar hidup kembali dan memiliki tenaga untuk menyalurkan listrik.
sewa genset cikarang
sewa genset cikarang
Sebagai alternatif dari permasalahan diatas, solusinya adalah menggunakan UPS atau Uninterruptible Power Supply. Yakni perangkat yang mampu membackup listrik untuk beberapa waktu. Di dalam UPS terdapat baterai dan dari bateri ini listrik bisa disimpan saat terjadi pemadaman.
Karena UPS otomatis akan mengalmbil alih listrik yang terputus dari PLN dan UPS ini akan mengalirkan listrik yang tersimpan di dalam baterai. Selain itu tipe UPS terbaru juga sudah dilengkapi dengan stabilizer dimana listrik yang dialirkan di stabilkan lebih dulu sebelum di alirkan ke beban.
Sedangkan kelemahan dari UPS adalah tidak dapat membackup untuk waktu yang lama. Jika bisa lama pun harganya akan sangat mahal karena baterai yang dibutuhkan semakin banyak.
Selain itu, UPS juga tidak dapat digunakan sebagai prime power. Sangat berbeda dengan genset yang dapat digunakan sebagai prime power dengan ketentuan jangan sampai bahan bakar habis.
Penyedia jasa sewa genset Cikarang, PT Quality Technic mengatakan bahwa genset dan UPS bisa digunakan sevata bersamaan. Contohnya adalah dalam sebuah kasis, misalkan sebuah perkantoran mengalami pemadaman listrik dari PLN untuk jangka waktu yang lama.
sewa genset cikarang
sewa genset cikarang
Maka Anda bisa menggunakan UPS agar perangkat elektronik tidak ikut mati. Saat UPS bekerja untuk memberikan aliran listrik maka genset harus segera dihidupkan.
Selain itu, menghidupkan genset pun memerlukan waktu yang lama karena genset harus benar-benar hidup dan sudah panas baru bisa mengantarkan listrik dengan baik. Tentunya, durasi waktu tersebut bisa dibackup lebih dulu dengan penggunaan UPS. Dan saat genset sudah stabil, maka UPS bisa dimatikan dan digantikan dengan genset sebagai sumber energi listrik.
Demikianlah penjelasan mengenai peran genset dan UPS dalam memenuhi kebutuhan akan listrik yang dapat disampaikan oleh PT Quality Technic, penyedia jasa sewa genset Cikarang. Dan yang perlu diperhatikan adalah dalam penggunaan genset dan UPS juga perlu diperhatikan dengan baik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Tepat Mengisi Ulang Bahan Bakar Diesel Generator

Edward Chang - Tips Tumbuh Sebagai Seorang Pengusaha

Sewa AC Di Balikpapan, PT Quality Technic Jawabannya