Sewa Genset Murah - Maintenance Genset Standby, Ini Caranya!

sewa genset murah
sewa genset murah

Sistem genset standby dirancang dengan baik untuk memberikan perlindungan saat terjadinya pemadaman listrik. Ketika genset mengalami kegagalan dalam beroperasi, maka bisa saja disebabkan oleh perawatan atau maintenance genset yang salah atau lalai.

Menurut penyedia jasa sewa genset murah, PT Quality Technic, masalah umum seperti itu sebenarnya dapat dihindari dengan melakukan maintenance genset secara rutin dengan melakukan beberapa pemeriksaan seperti berikut.
Pemeriksaan Umum
Ketika mesin genset menyala, Anda atau operator harus waspada pada masalah mekanin yang dapat menyebabkan kondisi yang tidak aman atau berbahaya. Maka dari itu, ada beberapa bagian yang harus diperiksa secara teratur menurut penyedia jasa sewa genset murah, PT Quality Technic. Yakni ;
ü  Sistem Pembuangan
Periksa seluruh sistem pembuangan, termasuk exhaust manifold, muffler, dan pipa knalpot. Lalu periksa kebocoran di semua koneksi, las, gasket, dan join, setelah itu pastikan jika di sekitar pipa knalpot tidak mengalami panas yang berlebihan.
ü  Sistem Bahan Bakar
Periksa jalur pasokan bahan bakar, jalur balik, filter, dan keretakan atau lecet pada fitting Pastikan jalur pada bahan bakar tidak mengalami gesekan dengan apapun yang dapat menyebabkan kegagalan fungsi.
ü  Sistem Listrik DC atau Aki
Periksa terminal pada baterai starting untuk memastikan koneksi yang bersih dan kencang.
ü  Mesin
Periksalah level cairan, oli dan suhu radiator secara berkala. Waspadai jika terjadinya kegagalan pembakaran, getaran, asap knalpot yang berlebihan, penurunan kekuatan, atau peningkatkan konsumsi oli atau bahan bakar.
ü  Sistem  Kontrol
Periksalah sistem kontrol secara teratur dan pastikan untuk mengembalikan sistem kontrol kembali ke normal automatic standby (AUTO) saat pengujian dan pemeliharaan selesai (jika menggunakan ATS).
sewa genset murah
sewa genset murah
Pemeriksaan Pada Sistem Pelumasan
Dalam maintenance genset, selalu lakukan pemeriksaan level oli mesin pada saat dimatikan. Untuk pembacaan yang akurat pada dipstick mesin, matikan mesin dan tunggulah sekitar 10 menit dengan tujuan untuk memastikan oli di bagian atas mesin mengalir kembali ke dalam bak mesin.
Jagalah level oli sedekat mungkin dengan tanda full pada dipstick dengan menambahkan oli yang memiliki kualitas dan merek yang sama. Buanglah oli dan filter bekas dengan benar untuk menghindari kerusakan lingkungan.
Perawatan Pada Sistem Pendingin
Periksalah level cairan pendingin atau coolant dalam keadaan mesin mati pada interval yang ditentukan. Lalu lepaskan tutup radiator setelah mesin didinginkan terlebih dahulu dan jika perlu tambahkan pendingin sampai pada tingkat sekitar ¾ inch bawah seal tutup radiator.
Mesin solar memerlukan campuran coolant & air yang seimbang, antibeku dan aditif pendingin. Periksa juga bagian luar radiator untuk memeriksa apakah terjadi kerusakan.
Bersihkan semua kotoran atau benda asing dengan menggunakan sikat lembut atau kain secara hati-hati untuk menghindari kerusakan pada sirip-sirip pendingin.
sewa genset murah
sewa genset murah
Perawatan Sistem Bahan Bakar
Kualitas pada bahan bakar solar pada umumnya akan menurun dan rusak dari waktu ke waktu. Maka menurut PT Quality Technic, penyedia jasa sewa genset murah penting untuk melakukan pemanasan mesin secara rutin dengan memakai habis bahan bakar yang tersimpan pada tanki sebelum rusak.
Keringkan filter bahan bakar pada interval yang ditunjukkan pada tabel. Keringkan juga uap air yang terakumulasi dan mengembun pada tangki bahan bakar secara berkala.
Demikianlah penjelasan mengenai cara maintenance genset standby menurut PT Quality Tecnic, penyedia jasa sewa genset murah. Cara-cara yang dijelaskan tersebut adalah hal dasar yang bisa Anda lakukan sendiri untuk melakukan perawatan terhadap perangkat genset Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Tepat Mengisi Ulang Bahan Bakar Diesel Generator

Edward Chang - Tips Tumbuh Sebagai Seorang Pengusaha

Sewa AC Di Balikpapan, PT Quality Technic Jawabannya