Cara Kerja Genset Dengan Automatic Transfer Switch

rental genset
rental genset
Perkembangan dan terobosan dalam masalah energi listrik sudah sedemikian maju. Termasuk di dalamnya masalah mesin generator atau genset. Terobosan ini dimaksudkan untuk mempermudah pekerjaan yang harus dilakukan manusia. Automatic Transfer Switch atau dikenal dengan ATS dikenal di Indonesia sejak tahun 2000-an. Menurut penyedia jasa rental genset, PT Quality Technic, hal ini dikarenakan sebelumnya para pengguna genset masih menggunakan sistem auto-manual.

ATS atau Automatic Transfer Switch merupakan sebuah rangkaian eletrik listrik pada panel genset yang berfungsi sebagai saklar otomatis saat terjadi pemadaman arus listrik dari PLN, baik yang terencana maupun mendadak. Saat terjadi pemadaman listrik inilah, ATS akan bekerja secara otomatis dengan sendirinya untuk memindahkan aliran daya listrik dari listrik utama ke genset. Dan ketika listrik dari PLN sudah kembali menyala, maka ATS akan kembali bekerja dengan otomatis untuk mengembalikan aliran listrik dari genset ke listrik utama.
rental genset
rental genset
Menurut penyedia jasa rental genset, PT Quality Technic, cara kerja genset dengan ATS sebenarnya sama seperti genset manual, akan tetapi ada beberapa tambahan atau alat yang harus ada untuk mendukung genset manual menjadi genset dengan ATS. Contohnya adalah, panel genset harus dilengkapi dengan timer, contaktor dan juga beberapa alat pendukung lain, termasuk alat penyimpan daya DC untuk menghidupkan mesin yang ada di dalam panel saat daya listrik dari PLN terputus
Genset dengan ATS banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar, pabrik, hotel, rumah sakit dan juga bank. Tidak terbayang bukan jika rumah sakit besar tidak menggunakan genset ATS?
rental genset
rental genset

Saat ada jadwal operasi berat pada seorang pasien, namun tiba-tiba terjadi pemadaman dari PLN, lalu operasi baru akan dilanjutkan setelah listrik kembali menyala. Atau jika sebuah bank sedang melakukan transaksi keuangan yang sangat penting, namun listrik padam. PT Quality Technic, penyedia jasa rental genset mengatakan bahwa dengan ATS, selisih waktu dari listrik pdam dengan hidupnya genset bisa diatur dengan menggunakan timer. Tentunya dengan menggunakan waktu sesingkat mungkin. ATS bisa hidup hanya 5 sampai 8 detik setelah listrik dari PLN padam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Tepat Mengisi Ulang Bahan Bakar Diesel Generator

Edward Chang - Tips Tumbuh Sebagai Seorang Pengusaha

Sewa AC Di Balikpapan, PT Quality Technic Jawabannya