Bagaimana Cara Menghitung Kapasitas AC Portable Untuk Digunakan Di Rumah?

sewa ac portable
sewa ac portable jakarta
Salah satu perangkat elektronik yang saat ini mulai banyak digunakan pada perumahan adalah air conditioner portable atau AC portable. Perangkat pendingin udara ini erat kaitannya dengan kenyamanan, terlebih kondisi di wilayah perkotaan relatif bersuhu tinggi, sekalipun di malam hari. Namun, menurut PT Quality Technic, penyedia jasa sewa AC portable Jakarta, AC termasuk dalam kebutuhan sekunder karena harganya cukup mahal jika Anda membelinya sendiri dan juga membutuhkan watt yang lebih besar serta biaya pemeliharaan berkala.

Maka dari itu, diperlukan perhitungan yang cermat jika Anda ingin memasang unit AC portable ini di rumah. Saran yang tepat sebenarnya bisa Anda dapatkan dari penjual maupun penyedia jasa sewa AC portable Jakarta, salah satunya adalah PT Quality Technic. Namun, sebelum itu ada baiknya jika Anda bisa menghitung kebutuhan unit AC yang sesuai.
Karena itulah, saat Anda berencana untuk membeli unit AC portable ini, tentunya Anda harus memperhitungkan daya listrik yang akan bertambah, termasuk instalasi kabel listriknya dan MCB. Lantas, perlukah melakukan penambahan daya listrik pada PLN atau tidak?
Dan perusahaan penyedia jasa sewa AC portable Jakarta, PT Quality Technic akan memberikan gambaran bagi Anda tentang perhitungan sederhana untuk mengetahui kapasitas unit AC yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu, berikut ini ada sedikit penjelasan yang diharapkan bisa membantu pemahaman Anda. Mari kita simak.
sewa ac portable
sewa ac portable
Satuan Pengukuran
Dalam teknik pendingin erat hubungannya dengan ilmu thermodinamika dimana satuan yang menjadi dasar perhitungan kapasitas unit AC adalah BTU atau British Thermal Unit. BTU sendiri merupakan ukuran dari jumlah panas yang digunakan di Inggris dan Amerika. PT Quality Technic, penyedia jasa sewa AC portable Jakarta menjelaskan bahwa 1 BTU didefinisikan sebagai jumlah panas yang dibutuhkan untuk menaikkan 1 pound air sebanyak 1 derajat Fahrenheit dalam tekanan 1 atmosphere.
Semakin banyak nilai BTU, maka akan semakin besar kapasitas output dari unit AC tersebut, karena kompresor yang digunakan juga semakin besar. Hal ini berarti udara yang dapat didinginkan akan semakin besar dan secara otomatis konsumsi listrik akan semakin besar. Namun, PT Quality Technic, penyedia jasa sewa AC portable Jakarta mengatakan bahwa satuan yang paling akrab digunakan di Indonesia adalah PK atau Parden Kracht, yakni daya kuda yang diambil dari bahasa Belanda. Dan yang dimasud dengan PK adalah besarnya daya dari kompresor AC tersebut.
Perhitungan Kapasitas AC
Secara sederhana, PT Quality Technic, penyedia jasa sewa AC portable Jakarta menjelaskan bahwa menghitung kapasitas AC adalah mengalikan luas ruangan dengan angka 500 atau angka koefisien hasil perkalian yang didapat adalah nilai BTU, kemudian koversikan nilai BTU ini ke PK. Perhitungan sesunggunya memang cukup rumit, karena hatus memperhitungkan perangkat yang ada di dalam rumah dan juga jumlah jendela pada rumah.
sewa ac portable
sewa ac portable
Contohnya :
Ruangan dengan lebar 4 m dan panjang 6 m dengan tinggi ruangan standar, yakni 3 m, maka bisa dihitung dengan rumus :
Lebar x Panjang x Ukuran Koefisien = BTU
Dan jika dijumlahkan menjadi :
4 x 6 x 500 = 12.000 BTU
Setelah mendapatkannya, maka Anda bisa mengkonversi BTU ke PK dengan hasil :
BTU
PK
4500
1/2
6750
3/4
9000
1
12500
11/2


Maka, bisa didapatkan kapasitas AC yang diperlukan adalah 11/2 PK. Dan sebagai informasi tambahan, PT Quality Technic, penyedia jasa sewa AC portable Jakarta juga menjelaskan bahwa untuk ruangan yang posisinya menghadap ke barat, maka kemungkinan Anda perlu membeli unit AC dengan kapasitas yang lebih besar. Karena intensitas matahari yang cukup besar terjadi pada jam 2 siang sampai dengan 5 sore.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Tepat Mengisi Ulang Bahan Bakar Diesel Generator

Edward Chang - Tips Tumbuh Sebagai Seorang Pengusaha

Sewa AC Di Balikpapan, PT Quality Technic Jawabannya