Memakai Air Conditioner / AC Bisa Berbahaya, Ini Penyebabnya !



Air conditioner atau AC saat ini menjadi barang wajib bagi semua orang, mulai untuk penggunaan di rumah,sekolah, perkantoran hingga public area. Penggunaan AC seolah menjadi penunjang penting dalam berbagai kegiatan, hadirnya AC portable hingga jasa sewa AC portable semakin mempermudah. Munculnya beberapa rental AC murah seolah menjadi jawaban bagi seorang entrepreneur yang memiliki kegiatan berpindah-pindah namun ingin memiliki AC dengan biaya yang murah.

Namun memakai jenis AC apapun, resiko berbahaya itu tetap ada. Terlebih untuk pemakaian AC konvensional seperti di rumah tangga. Mungkin Anda hanya mengetahui bahwa AC digunakan sebagai pendingin ruangan saja, nyatanya AC juga dipakai untuk membuat kualitas udara menjadi lebih baik. Oleh karena itu biasanya seorang event organizer lebih suka sewa AC agar mendapat rental AC murah, hal tersebut akan lebih efisien dan praktis.

Namun jika Anda tidak melakukan perawatan dengan benar, memakai AC bisa beresiko dan berbahaya bagi kesehatan. Berikut resiko yang bisa didapat apabila Anda tidak merawat dan membersihkan AC dengan benar,

1.       Menyebabkan Penyakit Pernafasan
AC yang tidak bekerja dengan baik akan membuat tubuh kaget dengan perubahan suhu di luar, ditambah AC yang kotor malah membuat udara dalam ruangan menjadi tercemar. Penyakit yang berkaitan dengan saluran pernafasan bisa bertambah buruk apabila Anda tidak segera melakukan perawatan pada AC.

Masalah seperti flu, bersin-bersin, serta batuk pilek yang Anda alami juga tidak akan cepat sembuh, mengingat AC dan suhu yang tidak teratur menjadi penyebabnya. Udara di ruangan yang tekontaminasi dari AC yang kotor akan semakin membuat parah.

2.       Penyakit Legionnaire
Penyakit tersebut adalah jenis pneumonia yang diakibatkan oleh bakteri legionella pneumophie. Dan salah satu masalah penyebabnya adalah air hangat yang ditemukan dalam AC sentral, terutama di hotel dan rumah sakit. Hal tersebut terjadi karena menjadi tempat berkumpulnya aneka bakteri. Gejala yang dialami oleh penderita adalah demam tinggi, batuk-batuk, sakit kepala serta nyeri di tubuh dan selalu kelelahan. Jika tidak segera diobati, penyakit legioner ini bisa mengakibatkan komplikasi yang bisa membahayakan.

3.       Membuat Kulit Jadi Tidak Sehat
Terlalu lama berada dalam ruangan ber-AC yang bersih saja bisa membuat kulit menjadi kering. Kulit yang terpapar AC secara langsung dan terlalu lama akan kehilangan kelembaban alami kulit dan menjadi kering. Kulit kering dan sensitif saat terpapar AC yang kotor dan tidak terawat akan berdampak parah. Kulit bisa gatal-gatal, sangat kering dan menimbulkan ruam.

Demikian resiko yang bisa berujung berbahaya jika Anda tidak melakukan perawatan terhadap AC yang Anda miliki. Jika Anda masih awam, tak ada salahnya untuk menggunakan jasa servis AC. Untuk memiliki AC portable dan AC sewaan yang murah dan praktis, Anda bisa mencoba rental AC murah dari Quality Technic. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Tepat Mengisi Ulang Bahan Bakar Diesel Generator

Edward Chang - Tips Tumbuh Sebagai Seorang Pengusaha

Sewa AC Di Balikpapan, PT Quality Technic Jawabannya