Ini Cara Memilih AC Yang Sesuai !

Jasa sewa AC murah telah marak hadir, jenis AC yang disewakan bervariasi. Seperti AC standing hingga AC portable. Dan untuk Anda yang memerlukan AC konvesional pun kini banyak bermunculan AC teknologi baru. Dan berikut adalah tips untuk Anda dalam memilih AC,
1.       Sesuaikan ukuran PK dengan luas ruangan
Ingin membeli AC baru untuk kamar tidur, ruang tamu, atau ruang kantor? Sebelum membeli AC sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu luas ruangan yang akan dipasangi AC baru. Cara memilih AC yang tepat adalah menyesuaikan ukuran PK AC dengan luas ruangan yang akan ditempati. Ukuran PK disesuaikan dengan luas ruangan agar suhu dingin dari AC dapat menyebar secara merata.
Ruangan berukuran 10 m2 kompatibel pada AC ½ PK, 14 m2 dengan AC ¾ PK, 18 m2 dengan AC 1 PK, 24 m2 dengan AC 1 ½ PK, dan 36 m2 dengan AC 2 PK. Jika luas ruangan lebih dari 36 m2 maka Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli lebih dari satu buah AC.

Sewa AC Murah
Sewa AC Murah


2.       Pilih jenis AC sesuai kebutuhan
Tahukah Anda bahwa AC ternyata memiliki jenis yang berbeda-beda. Setiap jenis memiliki keunggulannya masing-masing. AC yang biasa digunakan untuk rumah tangga adalah AC Split. Sebelum AC Split pendahulunya adalah AC Window yang kini sudah sangat jarang dijual di pasaran. Untuk gedung perkantoran Anda bisa memilih AC Split atau AC Cassette yang dipasang di langit-langit.
Sementara untuk pusat perbelanjaan dan hotel biasanya menggunakan AC Central yang kompresornya sangat besar. Jika Anda ingin memiliki AC yang bisa dipindah-pindah (biasanya untuk keperluan acara), maka AC Standing bisa menjadi pilihan yang cocok untuk Anda.

3.       Pertimbangkan AC yang hemat listrik
Dewasa ini, berbagai perusahaan produsen AC banyak mempromosikan produknya yang konon hemat energi listrik. Sebagai konsumen kita memang harus memilih AC yang hemat listrik agar tagihan listrik tidak membengkak. Sebelum membeli AC jangan ragu untuk mencari tahu pemakaian daya listrik (Watt) AC yang akan dibeli.
Meskipun Anda membeli AC yang hemat listrik hal tersebut tidak mempengaruhi kinerja AC dalam mendinginkan ruangan. Bahkan untuk kamar tidur Anda dapat membeli AC yang hemat listrik lalu dikombinasikan dengan fitur Auto yang dapat membuat AC mati sendiri ketika suhu ruangan sudah dingin dan kembali menyala secara otomatis saat suhu ruangan mulai panas.

4.       Fitur AC benar-benar Anda butuhkan
Cara memilih AC yang bagus adalah memastikan bahwa fitur yang terdapat dalam AC tersebut benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda. Percuma jika Anda membeli AC dengan fitur lengkap yang harganya mahal tapi Anda tidak pernah memanfaatkan fitur tersebut.

Sebagai contoh, Sharp memperkenalkan fitur Plasmacluster yang dapat memurnikan udara, membersihkan alergen, dan menghancurkan jamur di udara. Penting atau tidaknya fitur ini tergantung dari setiap kebutuhan konsumen. Jika di ruangan Anda sudah terdapat penjernih udara, maka fitur Plasmacluster ini memang tidak terlalu penting bagi Anda.

Sewa AC Murah
Sewa AC Murah


5.       Beli AC dari merk terpercaya
Ketika memasuki toko elektronik, Anda pasti akan dibuat bingung dengan banyaknya pilihan merk AC yang dipajang di sana. Namun, jika Anda sudah cocok dengan satu merk sebaiknya pilih tipe AC dari merk tersebut.
Tak dapat dipungkiri bahwa merk memang menjamin kualitas dan keawetan AC. Jadi, usahakan untuk membeli AC dari merk yang benar-benar terpercaya. Di Indonesia sendiri sudah banyak merk AC terbaik yang dijual di pasaran, seperti Sharp, Panasonic, Samsung, LG, Midea, dan masih banyak lagi.

6.       Sesuaikan dengan budget
Sebelum membeli AC sebaiknya Anda menghitung dulu budget yang Anda miliki, apakah cukup budget tersebut untuk membeli AC impian Anda? Jika dana yang Anda punya belum cukup untuk membeli AC dari merk dan tipe yang diinginkan, maka sebaiknya pertimbangkan untuk membeli merk AC lain yang lebih murah.
Meskipun mencari AC yang murah, tapi jangan tergiur dengan AC yang dibandrol dengan harga yang sangat murah. Kalau Anda tidak yakin dengan merk AC yang super murah, sebaiknya tunggu dulu sampai budget Anda benar-benar cukup untuk membeli AC yang berkualitas.
Karena keterbatasan budget ini lah banyak yang membuka jasa sewa AC murah.

7.       Tentukan tipe AC
Cara memilih AC selanjutnya adalah menentukan tipe AC yang hendak dibeli. Anda mungkin ingin membeli AC low watt agar tagihan listrik tidak membengkak. Akan tetapi, ketahuilah bahwa saat ini ada 2 tipe AC lain yang memang beredar di pasaran, yaitu Standard dan Inverter.
  

Pada dasarnya, AC low watt adalah jenis AC standard yang ukuran kompresornya dikurangi agar lebih hemat penggunaan daya listrik. Sedangkan AC inverter bekerja sangat keras saat baru dinyalakan dan mengurangi kinerjanya agar lebih hemat listrik ketika suhu ruangan sudah dingin. Penggunaan AC lebih dari 6 jam sebaiknya menggunakan tipe AC inverter.

8.       Pastikan garansi AC jelas
Saat berada di dalam toko AC, Anda tidak perlu ragu untuk bertanya mengenai garansi AC yang akan dibeli. Setiap AC baru harus memberikan garansi resmi dari brand-nya. Jadi, jika ada kerusakan maka Anda tidak perlu membayar biaya-biaya tertentu.

Lama garansi AC dari setiap merk pasti berbeda-beda. Pastikan saja Anda membutuhkan garansi yang berapa lama sebelum membeli AC. Keuntungan membeli AC dari brand yang terpercaya adalah garansinya jelas dan pasti.

9.       Pilih desain sederhana agar mudah dibersihkan
Melihat berbagai merk AC yang dipajang di toko elektronik, Anda pasti tahu bahwa saat ini AC memiliki desain yang berbeda-beda. Untuk penggunaan pribadi sebaiknya pilih AC dengan desain sederhana agar bisa lebih mudah dibersihkan.

Semakin banyak detail desain, semakin sulit pula AC tersebut dibersihkan. Pembersihan AC bisa dilakukan sendiri dengan melepas filter AC dan mencucinya sampai bersih.

10.   Beli di toko yang terpercaya
Yang satu ini tidak kalah penting dari sembilan tips lainnya. Anda harus membeli AC di toko yang terpercaya. Jangan mudah tergiur dengan diskon dan promosi. Pastikan bahwa toko tersebut memang memiliki banyak pelanggan dan kualitas barangnya memang sudah terjamin bagus.

Untuk mendapatkan AC portable atau AC standing, Anda bisa menghubungi Quality Technic untuk sewa AC murah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Tepat Mengisi Ulang Bahan Bakar Diesel Generator

Edward Chang - Tips Tumbuh Sebagai Seorang Pengusaha

Sewa AC Di Balikpapan, PT Quality Technic Jawabannya